10 Sikap Untuk Menjadi Sukses Mudah-Mudahan

jaringanpelajaraceh.com-Saat menonton profil orang-orang sukses di televisi, ataupun membacanya di koran, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa menjadi sukses terkesan begitu mudah bagi mereka. Kenyataannya tidak ada kesuksesan yang diraih dengan mudah. Ada sikap-sikap tertentu yang khusus dimiliki orang-orang bermental sukses. Berikut adalah 10 di antaranya yang dilansir dari Forbes.

1. Tahu kapan harus bertahan dan kapan harus menyerah
Makna sukses tidak terpaku pada menjadi seorang pimpinan saja. Anda pun bisa sukses dengan menjadi pegawai. Kuncinya, Anda harus paham dengan keadaan lingkungan kerja Anda. Jangan ragu untuk bertahan jika keadaan masih memungkinkan dan jangan segan untuk menyerah jika masalah sudah di luar kendali Anda.

2. Melakukan lebih dari yang diperintahkan
Mereka yang sukses di luar sana sering bekerja dengan menantang diri sendiri. Mereka selalu ingin memberikan sesuatu yang lebih untuk profesi yang mereka geluti, sejauh mana mereka mampu sebelum betul-betul mencapai batas.

3. Rela gagal demi mempelajari makna sukses
Mencoba sesuatu yang baru, asalkan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, bukan suatu dosa. Meskipun yang namanya percobaan sering dikaitkan dengan kegagalan, jangan biarkan hal tersebut menghentikan Anda.

4. Tahu bahwa keberuntungan itu harus dibuat
Keberuntungan tidak turun begitu saja dari langit. Seseorang akan pantas mendapatkan rezeki keberuntungan dari Tuhan karena sudah pernah bekerja keras sebelumnya.

5. Realistis
Orang-orang yang sukses sangat paham akan kemampuan diri mereka sendiri. Salah satu penentu kualitas ini adalah mereka selalu dapat menentukan target yang masih dalam jangkauan dan tidak muluk-muluk.

6. Sepenuhnya sadar akan sebab-akibat
Bertanggung jawab adalah sebuah kualitas individu yang tidak bisa lepas dari seseorang yang sukses. Paham betul akan hukum sebab-akibat dari setiap langkah yang diambil menjadi sangat penting bagi mereka. Bertindak gegabah tidak ada di dalam kamus mereka.

7. Pembuat perubahan, bukan penerima perubahan
Sebagian orang-orang sukses adalah para pencetus ide baru di bidangnya. Mereka membuat atau menghasilkan sesuatu yang belum pernah ada, atau belum pernah dipikirkan orang sebelumnya.

8. Cepat beradaptasi
Ketika keadaan sekitar tidak memberikan keuntungan yang banyak untuknya, seseorang yang memiliki mental sukses akan dengan cepat beradaptasi. Anda harus mampu segera menyesuaikan diri dengan ketidaknyamanan dan mengubahnya menjadi power zone Anda.

9. Berkomunikasi dengan efektif
Pertanyaan serta jawaban yang singkat, padat, dan jelas merupakan sebuah ciri khas pribadi-pribadi yang sukses yang bisa terlihat saat mereka berpendapat. Mereka tahu orang-orang mana saja yang bisa memberikan informasi yang mereka butuhkan, dan tahu bagaimana cara mendapatkannya.

10. Terus belajar
Siapapun yang ingin sukses di dunia ini, tidak boleh berhenti belajar. Pemahaman yang baik akan hidup memberikan pengaruh yang besar bagi mereka. Mulai dari belajar mengerti diri sendiri, hingga materi-materi akademis yang dibutuhkan guna menunjang kesuksesan mereka. Orang yang bermental sukses, bisa belajar dari siapa saja, tidak peduli kedudukan dan dari mana asalnya.

Sumber: Forbes