Berita Terkini

Senin, 4 November 2013

1,6 Juta Orang Bersaing Jadi PNS

cpns edit

JAKARTA – Sekira 1,6 juta orang mengikuti ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang berlangsung serentak kemarin. Dari jumlah ini, pemerintah hanya akan memenuhi 60 ribu formasi, baik di pusat maupun daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar menyebutkan, total ada 1.612.854 peserta yang mengikuti tes di seluruh Indonesia.

“Dari angka itu, 963.872 peserta tes berasal dari kategori pelamar umum dan 648.982 peserta merupakan tenaga honorer kategori II,” kata Azwar, seperti dikutip dari laman Setkab, Senin (4/11/2013).

Azwar mengklaim, pelaksanaan tes berjalan lancar dan sesuai rencana. Hal ini, kata Azwar, karena Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) sudah sejak jauh-jauh hari melakukan persiapan.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Ketua Tim Pelaksana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Tes CPNS 2013 Eko Sutrisno mengimbuhkan, pelaksanaan tes CPNS serentak juga melibatkan konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) dan tim quality assurance (QA).

Meski laporan dari Tim Panselnas yang turun ke Lapangan di berbagai daerah menyatakan bahwa hampir keseluruhan proses pelaksanaan tes CPNS 2013 berjalan baik dan sesuai rencana, Eko tidak menampik adanya berbagai kendala kecil.

“Di antaranya infrastruktur yang belum nyaman untuk peserta, kerterlambatan waktu mulai ujian di beberapa titik, permasalahan peserta (keterlambatan, sakit, dan lainnya). Akan tetapi, hal tersebut dapat segera diatasi. Beberapa catatan tersebut tentunya sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan pelaksanaan tahun berikutnya,” imbuhnya. (okezone.com)

Penulis: Muhammad Iqbal
Komentar
comments powered by Disqus