Berita Terkini

Rabu, 8 Agustus 2018

Diplomasi Budaya Indonesia-Spanyol Hadirkan Kolaborasi Musik di Empat Provinsi

Jaringanpelajaraceh.com-Jakarta, Kemendikbud-Kolaborasi musik Spanyol dan Indonesia menjadi salah satu bentuk diplomasi budaya kedua negara untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Spanyol. Kelompok orkestra Ocas dari Kota Asturias, Spanyol, akan kembali menggelar sejumlah konser musik kolaborasi bersama musisi Indonesia yang bertajuk “Vinculos untuk Indonesia 2018”. Konser kolaborasi ini akan berlangsung sepanjang bulan Agustus ini di empat provinsi, yaitu Maluku, Sulawesi Tengah, Riau, dan DKI Jakarta.

Setelah tahun lalu sukses menggelar konser bersama kelompok musisi lokal di Sumatera Utara, yakni Mataniari, “Vinculos Untuk Indonesia” kembali dihelat oleh grup Orquesta De Camara de Siero (Dalam bahasa Inggris: Siero Chamber Orchestra) atau Ocas, mempersembahkan sejumlah konser kolaborasi, edukasi, lokakarya/workshop, dan sejumlah kegiatan budaya dan sosial lainnya di Kota Ambon, Kabupaten Sigi dan Parigi Moutong (Sulawei Tengah), Kota Pekanbaru (Riau), dan Jakarta.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menyatakan kegembiraan dan apresiasinya menyambut kembali kehadiran kelompok orkestra Ocas serta digelarnya konser “Vinculos untuk Indonesia 2018”. Dengan tema menebarkan semangat solidaritas, perdamaian, persatuan dalam kemajemukan (Solidarity, Peace and Unity in Diversity), kegiatan “Vinculos untuk Indonesia 2018” akan dibuka di Kota Ambon yang akan diproyeksikan sebagai International City of Music oleh UNESCO tahun 2019.

Dari Ambon, kunjungan kelompok orkestra Ocas dalam program “Vinculos untuk Indonesia 2018” akan bertolak menuju ke Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi dan Kota Palu, di Sulawesi Tengah, serta Kota Pekanbaru di Riau dan Provinsi DKI Jakarta. Di empat provinsi yang dikunjungi itu, Ocas akan berkolaborasi dengan musisi lokal di masing-masing daerah tersebut.

Vinculos dilaksanakan sebagai bagian dari komitmen kuat Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memperkuat kerja sama kebudayaan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Kerajaan Spanyol, serta bagian dari upaya strategis diplomasi budaya yang efektif dan produktif dengan sasaran meningkatnya partisipasi dan peran aktif Indonesia dalam percaturan budaya dunia. Kegiatan ini juga bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia dan Kerajaan Spanyol.

Sejumlah kegiatan dijadwalkan akan dilaksanakan sepanjang rangkaian “Vinculos untuk Indonesia 2018” antara lain adalah kunjungan, lokakarya atau workshop dan konser di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon. Grup orkestra Ocas juga akan berkolaborasi bersama musisi lokal dan masyarakat Ambon dengan menggelar flash mob atau tarian massal di Maluku City Mall serta konser besar di Taman Budaya Ambon.

Sementara itu berbagai kegiatan seni dan budaya lainnya juga digelar di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Parigi Moutong seperti lokakarya/workshop, kunjungan sosial, tarian massal dan konser kolaborasi. Beberapa agenda istimewa di Sulawesi Tengah ini meliputi konser kolaborasi bersama Palu Percussion yang akan diselenggarakan di Taman Hutan Kota Kaombona serta konser di Festival Vula Dongga di Kabupaten Parigi Moutong.

Untuk menyukseskan gelaran “Vinculos untuk Idnonesia 2018” ini, Kemendikbud bekerja sama dengan pemerintah daerah beserta segenap jajarannya, dan Kedutaan Besar Spanyol di Jakarta. Selain itu unit pelaksana teknis (UPT) Kemendikbud di daerah juga akan berpartisipasi, seperti Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Maluku dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Maluku Utara. (Desliana Maulipaksi/)

 

 

sumber:https://www.kemdikbud.go.id

Penulis: Dekgam Dekgam
Komentar
comments powered by Disqus