Berita Terkini

Senin, 18 Juni 2018

Hari Ini 18 Juni, Kirim Buku Gratis Melalui Kantor Pos Indonesia

PT Pos Indonesia memberikan fasilitas pengiriman buku gratis ke seluruh wilayah Indonesia setiap tanggal 17 di setiap bulannya.

Program pengiriman buku gratis ini dinamai Donasi Buku untuk Masyarakat.

Pelaksanaan pengiriman buku gratis bulan Juni dilaksanakan pada hari ini, Senin (18/6/2018) karena 17 Juni 2018 bertepatan dengan hari libur.

Pengiriman buku bebas biaya ini dilakukan di seluruh kantor pos, kecuali agen pos.

PT Pos Indonesia membebaskan biaya pengiriman buku dengan berat kiriman maksimal 10 kilogram untuk sekali pengiriman.

Pembebasan biaya ini berlaku bagi pengirim yang merupakan pegiat literasi dan donatur buku yang akan menyumbangkan buku kepada pengelola Taman Bacaan Masyarakat dan Jaringan Pustaka Bergerak Indonesia serta Sekolah di seluruh Indonesia.

Dari situs resmi www.posindonesia.co.id, terdapat 205 kantor pos pemeriksa di berbagai daerah yang menyediakan fasilitas ini.

Selain itu, terdapat 216.752 sekolah yang terdaftar dalam program ini.

Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
Dari situs resmi PT Pos Indonesia, Pengurus Pusat Forum TBM bekerj asama dengan Bindiktra Kemendikbud saat ini sedang melakukan pendataan TBM secara online.

Hasil pendataan ini akan digunakan untuk data program pengiriman buku gratis melalui Pos Indonesia setiap bulannya pada tanggal 17.

Untuk ikut program ini, pengurus TBM bisa mengakses informasinya melalui situsweb donasibuku.kemendikbud.go.id, kemudian melakukan registrasi.

Jika mengalami kesulitan mendaftar melalui situsweb, pengurus dapat mengirimkan kelengkapan data TBM melalui email yang telah disediakan.

Data yang dibutuhkan berupa nama TBM, alamat lengkap, alamat email, dan kontak yang bisa dihubungi.

Dari situsweb donasibuku.kemendikbud.go.id, terdapat lebih dari 2000 taman bacaan masyarakat yang terbagi di seluruh Indonesia.

Penulis: Kusnandar Zainuddin
Komentar
comments powered by Disqus