Berita Terkini

Selasa, 2 April 2019

Hebat. OSIS SMA 1 Kluet Tengah punya Kas Jutaan Rupiah dari Hasil Kebun Sekolah

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMA 1 Kluet Tengah ternyata punya kas jutaan rupiah, Bukan dari dana BOS atau punya sumbangan Siswa, namun mereka memperoleh dana kas tersebut dari mengelola tanah kosong lahan sekolah.

Fakrizal, S.Pd yang merupakan Kepala Sekolah di SMA 1 Kluet Tengah menyebutkan bahwa ide tersebut dimulai dari kebiasaan anak-anak yang menyumbang secara sukarela bagi sekolahnya saat menamatkan sekolah, “saya katakan kepada mereka apa yang bisa kalian berikan untuk sekolah kalian?”, mereka sepakat untuk menyumbang tanaman bagi sekolahnya, jadi setiap mereka tamat mereka dengan sukarela menanam tanaman sawit ataupun pisang, hingga sekarang hasil sawit dan tanaman pisang yang sudah di tanam oleh abang kakaknya di kelola langsung oleh OSIS untuk membiayai kegiatan kegiatan sekolah.

Pernah dulu ditanam timun di areal sekolah, dan saat dijual oleh anak-anak, mereka mendapatkan uang 3 juta lebih, uang itu lalu digunakan untuk membeli sepatu dan baju volly, karena saat itu anak-anak mau ikut lomba O2SN.

Sekolah kami memiliki lahan yang luas, daripada terbengkalai dan menjadi hutan, lebih baik di manfaatkan untuk menanam tanaman produktif seperti sawit, pisang, cabe dan timun, selain lahan jadi bersih, juga bisa menghasilkan uang untuk operasional kegiatan OSIS ucap Fakrizal yang pernah mengecapkan Pendidikan S1 di FKIP Biologi Unsyiah.

Sekolah SMA 1 Kluet tengah termasuk sekolah yang letaknya terpencil, butuh waktu 2 jam lebih dari kota tapak tuan dengan kondisi medan yang sangat ekstrem untuk menuju sekolah tersebut, namun hal itu tidak mengurangi minat anak-anak di daerah ini untuk sekolah, banyak anak-anak lulusan sekolah ini lulus di perguruan tinggi seperti di  UNSYIAH dan UIN Ar-Raniry, Tahun ini ada 9 siswa yang lulus bidik misi ucap Fakrizal. Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi siswa yang lain tutup Fakrizal yang sudah mengabdikan diri nya selama 10 tahun di SMA 1 Kluet Tengah.

Penulis: langet
Komentar
comments powered by Disqus