Berita Terkini

Senin, 10 Februari 2014

Jangan Salah Pilih Jurusan, Ya!

JAKARTA – Pekan depan, tepatnya mulai 17 Februari, siswa SMA/sederajat akan mulai mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN) idaman. Dalam pendaftaran SNMPTN ini, siswa akan memilih jurusan dan PTN di seluruh Indonesia.

Jika sejak kecil kamu sudah mengetahui cita-citamu, maka memilih jurusan kuliah enggak akan terlalu sulit. Tetapi jika kini kamu masih mengalami kebingungan ketika akan memilih jurusan kuliah, coba tanyakan beberapa hal ini pada diri sendiri;
Apa kekuatanmu? Apa minat dan passion-mu? Seberapa kuat komitmenmu untuk kuliah? Pekerjaan apa yang ingin kamu lakukan? Hidup seperti apa yang ingin kamu jalani?

Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa hal ini:

1. Meminta bantuan

Manfaatkan fasilitas sekolah untuk membantumu menentukan pilihan jurusan kuliah. Kamu bisa berkonsultasi dengan guru BP atau mengikuti psikotes yang digelar sekolah untuk melihat di mana minatmu. Demikian dilansir US News, Senin (10/2/2014)

2. Eksplorasi 

Cari tahu sebanyak-banyaknya tentang jurusan yang kamu minati. Kamu bisa bertanya kepada para senior, atau mencari informasi di website kampus yang kamu tuju.

3. Introspektif 
Komponen paling penting dalam memilih jurusan kuliah adalah mengetahui dirimu lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa menentukan minat dan bakat sebagai landasan memilih jurusan kuliah.

4. Proaktif 
Jangan segan mengikuti pertemuan atau seminar yang fokus pada bidang yang ingin kamu tekuni, terutama yang diadakan oleh jurusan dan kampus incaranmu. Kemudian, berdiskusilah dengan mahasiswa yang mengambil jurusan tersebut tentang pilihan kuliahmu.(okezone.com)

Penulis: hantutiga
Komentar
comments powered by Disqus