Berita Terkini

Senin, 12 Februari 2018

Kemendikbud dan Kemenkeu Tanda Tangani Nota Kesepahaman Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung (SIMPeL)

Jaringanpelajaraceh.com-Jakarta,Kemdikbud-Dalam rangka meningkatkan efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi proses pengadaan langsung, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung (SIMPeL) yang digagas oleh Kementerian Keuangan.

Kerja sama tersebut dikukuhkan melalui penandatanganan nota kesepahaman yang berlangsung pada Kamis 7 Desember 2017 di Aula Mezzanin Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal dari masing-masing Kementerian, yakni Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi dan Sekretaris Jenderal Kemenkeu, Hadiyanto.

SIMPeL merupakan sistem informasi yang dibuat oleh Pusat LPSE Kementerian Keuangan untuk memfasilitasi proses pengadaan langsung secara elektronik. Tidak hanya berfokus pada efisiensi proses pengadaan langsung, basis data hasil pengadaan yang dikelola melalui aplikasi SIMPeL juga dapat menjadi dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan evaluasi pengadaan langsung. Aplikasi ini dapat membantu dalam penyusunan analisa pengeluaran, analisa standar biaya, laporan pelaksanaan pengadaan langsung, dan lain-lain.

SIMPeL akan diimplementasikan di 214 satuan kerja yang ada di lingkungan Kemendikbud dengan total DIPA sebanyak 365 DIPA. Implementasi tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan dimulai pada tahun 2018 di 43 satuan kerja Kemendikbud yang berada di kantor pusat Kemendikbud. Seluruh satuan kerja daerah yang berjumlah 152 satuan kerja akan mengikuti implementasi aplikasi tersebut pada tahun 2019 dan tahap implementasi terakhir dilaksanakan pada 19 satuan kerja luar negeri pada tahun 2020.

Kerja sama antara Kemendikbud dan Kemenkeu ini tentunya diharapkan dapt menjadi inisiatif yang baik lintas Kementerian dalam menciptakan sistem Pengadaan Barang dan Jasa yang lebih efisien, akuntabel, dan transparan.

 

sumber:https:kemdikbud.go.id

Penulis: Dekgam Dekgam
Komentar
comments powered by Disqus