Berita Terkini

Selasa, 29 Oktober 2013

Kunci Sukses adalah Keyakinan

95KMmdSEIU

PANGKALPINANG – Keberanian melangkah dan mengambil keputusan adalah salah satu syarat untuk menjadi seorang pengusaha. Untuk mencapai keberanian tersebut butuh keyakinan dan sebuah keyakinan bisa didapatkan melalui proses.

Begitulah Hary Tanoesoedibjo (HT), CEO MNC Group berbagi pengalamannya dalam kuliah umum “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa untuk Indonesia Mandiri” di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (Pertiba) Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), Selasa (29/10/2013).

Selain itu pemimpin lebih dari 100 perusahaan ini mengatakan para calon pelaku usaha mandiri untuk fokus pada kualitas, memperhatikan kecepatan, dan selalu introspeksi atas kesuksesan maupun kegagalan. Selain itu berinteraksi dengan lingkungan yang tepat, konsisten, dan bersyukur.

“Konsisten berlaku dalam belajar, bekerja dan berusaha. Jika gagal, jangan menyerah dan berhenti. Kita harus bangkit karena itulah bedanya antara pengusaha tangguh dan pengusaha yang lemah,” tutur HT sapaan akrab Hary.

Terus Belajar

Pria 48 tahun itu juga mengungkapkan, kegemaran membaca biografi tokoh dan pengusaha kelas dunia juga salah satu langkah pembentukan karakter. “Membaca biografi membuat kita belajar banyak tentang pengalaman baik, buruk, sukses, dan gagal. Kita serap untuk menjadi inspirasi dan motivasi,” ulasnya.

Sementara itu, HT juga memaparkan beberapa bisnis yang prospektif untuk digarap pengusaha muda. Menurut dia, bisnis yang terkait konsumsi masih terus menjanjikan hasil positif.

“Ini tak lain karena ditopang penduduk Indonesia yang banyak dan sekaligus merupakan pasar domestik,” ulas HT. Selain itu ialah bisnis yang terkait internet, teknologi informasi, infrastruktur, dan properti.

Di penghujung kuliah umum, HT menyerahkan beasiswa pendidikan kepada 10 mahasiswa STIH Pertiba. Selain itu memberikan bantuan bagi program laboratorium komputer Pertiba.

“Bantuan ini menjadi penyemangat kami dan para mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan akses TI,” ujar Ketua Yayasan Pertiba Dr H Marbawi H Syakban. (kampus.okezone.com)

Penulis: Muhammad Iqbal
Komentar
comments powered by Disqus