Berita Terkini

Kamis, 20 Februari 2014

Panitia UN 2014 Siapkan 160 Paket Soal

JAKARTA – Tahun lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan 20 paket soal untuk ujian nasional. Tahun ini, Kemendikbud menyiapkan lebih banyak lagi paket soal UN. Tidak tanggung-tanggung, hingga 160 paket!

Tetapi tenang saja. Seperti tahun lalu, siswa peserta UN hanya akan mengerjakan satu paket soal, kok.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh, penyiapan 160 paket soal ini sebenarnya karena sistem pencetakan dan distribusi naskah soal UN 2014 akan dibagi menjadi delapan regional. Nah, tiap regional menyiapkan 20 paket soal. Paket-paket soal ini tidak akan sama antara satu regional dengan regional lainnya berbeda.

“Jadi bisa dibayangkan, 20 variasi soal, ada delapan region, artinya ada 160 variasi soal,” kata Nuh, seperti dilansir laman Kemendikbud, Rabu (19/2/2014).

Kenapa harus banyak paket soal, sih?

Mendikbud M Nuh punya alasannya. Dia menilai, pembuatan banyak variasi soal akan membuat para peserta UN lebih khusyuk mengerjakan soalnya masing-masing.

“Jadi, hasil yang diharapkan dari UN dapat maksimal,” imbuhnya.

Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu berharap, pada 24 Februari, master soal UN sudah bisa diserahkan kepada percetakan pemenang tender. Jika tidak ada sanggahan, maka soal UN 2014 pun akan dicetak.(okezone)

Penulis: hantutiga
Komentar
comments powered by Disqus