Berita Terkini » Foto

Jumat, 20 September 2013

Rehabilitasi gayo

Dalam rangka penanganan masa tanggap darurat bencana Gempa bumi di Aceh Tengah dan Bener Meriah Dinas Pendidikan Aceh Melaksanakan beberapa Program utama yaitu :

 

  1. Pendirian Posko Pendidikan yang berfungsi sebagai  Media Komunikasi dan sumber Informasi untuk Persiapan Proses rehab rekon gempa gayo.

 

  1. Pendataan Kondisi Pendidikan di Aceh tengah dan Bener meriah yang bertujuan untuk mengetahui kondisi real di lapangan tentang seluruh sarana Pendidikan yang rusak berat (RB), rusak sedang (RS) dan Rusak Ringan (RR), selain melakukan pendataan terhadapa kondisi fisik, Dinas Pendidikan Aceh juga melakukan pendataan terhadap Tenaga Pendidik dan anak didik yang menjadi korban gempa.

Pendataan yang dilakukan selama ini telah menghasilkan data dasar yang digunakan sebagai  dasar untuk Rehabilitasi dan rekontruksi Aceh tengah dan bener meriah pasca gempa.

Jumlah seluruh sekolah yang rusak akibat gempa sebanyak 372 sedangkan setelah diverifikasi jumlah sekolah yang membutuhkan pembangunan RKB-S sebanyak 236 Sekolah  yang tersebar di Aceh Tengah dan Bener Meriah yaitu :

 

  1. Aceh Tengah

SD/MI                 : 129 Sekolah

SMP/MTs           :   31 Sekolah

SMA/SMK/MA  :   23 Sekolah

Total                   :  183 Sekolah

  1. Bener Meriah

SD/MI                 : 36 Sekolah

SMP/MTs           : 11 Sekolah

SMA/SMK/MA  :   6 Sekolah

Total                   : 53 Sekolah

 

  1. Pembangunan Ruang Kegiatan Belajar Sementara (RKB-S)

Dalam rangka persiapan tahun ajaran baru 2013-2014 Dinas Pendidikan Aceh bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Aceh Tengah dan Bener meriah melaksanakan program Pembangunan Ruang Kegiatan Belajar Sementara (RKB-S)  yang dikelola secara swakelola oleh  Para Kepala Sekolah bekerjasama dengan Komite sekolah, jumlah RKB-S perjenjang pendidikan yang dibangun adalah :

 

  1. Kabupaten Aceh Tengah
    1. SD                : 300 Ruang
    2. SMP            :   74 Ruang
    3. SMA            :   50 Ruang

Total           : 424 Ruang

  1. Kabupaten Bener Meriah
    1. SD               :   59 Ruang
    2. SMP            :   29 Ruang
    3. SMA            :  20 Ruang

Total           : 108 Ruang

  1. Total

Kabupaten Aceh Tengah    : 424 Ruang

Kabupaten Bener Meriah  : 108 Ruang

Total                                      : 532 Ruang

Kendala yang masih dihadapi dilapangan dalam pelaksanaan Rehab Rekon Pendidikan adalah :

  1. Ketersediaan Lokasi Pembangunan RKB-S, seharusnya berada disekitar pemukiman penduduk atau disekitar sekolah yang rusak namun beberapa kasus dilapangan ada sekolah yang tidak memiliki halaman yang cukup atau layak untuk dilakukan pembangunan RKB-S,  sehinga RKB-S yang dibangun terpaksa agak jauh dengan sekolah lama yang telah rusak.
  2. Banyak Aset sekolah yang dalam proses pembongkaran di jarah oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab seperti kursi, lemari buku, meja dan alat sekolah lainnya, sehingga sebagian sekolah tidak lagi memiliki mobile untuk kegiatan PBM.
  3. terdapat beberapa donatur yang masih kurang melakukan kordinasi dengan pihak terkait dalam penyaluran bantuan, sehingga  terjadi ketidak merataan distribusi bantuan.
Penulis: langet
Komentar
comments powered by Disqus