Berita Terkini

Senin, 2 April 2018

Siswa peserta UNBK SMK Aceh terganggu jeprat jepret

Hari pertama pelaksanaan ujian berbasis komputer untuk jenjang SMK di Provinsi Aceh berjalan lancar. Hasil pantauan jaringanpelajaraceh.com pelaksanaan ujian pada hari pertama di 23 Kabupaten Kota tidak mengalami kendala yang berarti namun ada beberapa sekolah yang mengalami pemadaman listrik seperti SMK Darul Kamal, tapi segera dapat diatasi dengan penyediaan genset.

Permasalahan sebaliknya terjadi pada kalangan siswa di mana banyak siswa mengeluh terganggu konsentrasinya akibat jeprat-jepret (foto) di dalam ruangan ujian. Salah seorang siswa menyampaikan bahwa banyak oknum yang bukan pengawas ruangan memasuki ruangan bahkan mengambil foto. Kondisi ini sangat mengganggu konsentrasi mereka yang sedang berjuang menjawab soal UN yang tidak mudah.

Sebagaimana kita ketahui bahwa siapa pun tidak dibenarkan memasuki ruang ujian selain pengawas ruang apalagi sampai membawa ponsel atau alat foto, sebagaimana yang tertuang didalam prosedur operasional UNBK Tahun 2017.

Ketua pelaksana Ujian Nasional provinsi Aceh Zulkifli saat dihubungi oleh jaringanpelajaraceh.com menyampaikan “bahwa tidak ada yang boleh memasuki ruang ujian selain siswa dan pengawas ruangan, jika ada petugas pengawas dari eksternal bisa melihatnya dari luar atau jika pun ingin mengambil foto cukup dari luar saja, hal ini sangat penting untuk menjaga kerahasiaan soal dan konsentrasi anak-anak kita saat mengikuti ujian. Pengawas ruangan dapat melarang yang tidak berkepentingan untuk memasuki ruang ujian” tegasnya.

Penulis: langet
Komentar
comments powered by Disqus