Berita Terkini » Foto

Sabtu, 7 Oktober 2017

Siswa Ujian Pakai HP

Jaringanpelajaraceh.com-BLANGPIDIE Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya (Abdya) mulai melaksanakan ujian harian menggunakan smartphone berbasis android atau iOS. Secara teknis, ujian kali ini tidak memiliki perbedaan dengan ujian konvensional lainnya. Namun yang membedakan hanya media yang digunakan untuk mengerjakan soalnya.
Guru Studi Prakarya Rekayasa Desain Grafis, Teuku Masadi S Kom kepada Serambi mengatakan ulangan harian menggunakan smartphone berbasis android atau iOS dilaksanakan untuk kelas X sampai kelas XII. “Tujuannya untuk melatih siswa-siswi agar terbiasa karena ke depannya, masing-masing mereka akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Karena, aplikasi ini tampilannya persis dengan tampilan UNBK,” ujarnya.

Menurutnya ujian harian menggunakan smartphone berbasis android itu pertama di Aceh. Sebelumnya pihaknya juga sudah pernah melaksanakan ujian semester berbasis komputer pertama di Aceh. Terobosan itu dilakukan, mengingat seluruh siswa di SMAN Unggul Tunas Bangsa telah memiliki smartphone.
“Soal dan jawaban persis seperti pelaksanaan UNBK, soal yang tampil antara satu siswa dengan siswa lainnya tidak sama, karena menggunakan sistem acak. Tujuannya agar siswa serius mengikuti ujian sekaligus melatih diri dan kemampuan para siswa,” terangnya.
Selain itu, tambahnya, menggunakan sistem android ini lebih memudahkan siswa untuk mengerjakan soal. Dengan menggunakan aplikasi ujian di smartphone para siswa juga tidak bisa melakukan kecurangan. Selain soalnya yang diacak, siswa juga tidak bisa membuka aplikasi pencarian google.
“Soal yang dibuat ujian berbasis android sama halnya seperti ujian kertas. Untuk soal yang bertipe choise nilainya langsung ditampilkan saat siswa selesai ujian, sedangkan ujian essay harus diperiksa oleh guru bidang studi yang melaksanakan ujian,” ungkapnya.
Mudah dan Hemat Waktu
Sementara itu Shalsa Ayudhila, seorang siswa SMAN Unggul Tunas Bangsa mengaku senang dengan ulangan berbasis android. Selain hemat waktu juga memudahkan siswa. “Jika ada yang salah langsung diedit jawabannya, tidak perlu penghapus pakai stipe-x atau alat penghapus,” katanya.(c50)
keunggulan menggunakan hp
* Melatih siswa agar terbiasa menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
* Tampilan aplikasi persis dengan tampilan UNBK
* Menggunakan sistem android ini lebih memudahkan siswa untuk mengerjakan soal
* Mengurangi siswa melakukan kecurangan
* Untuk soal yang bertipe choise nilainya langsung ditampilkan saat siswa selesai ujian
* Hemat waktu juga memudahkan siswa

 

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2017/10/07/siswa-ujian-pakai-hp

Penulis: munawar kirani
Komentar
comments powered by Disqus