Berita Terkini

Jumat, 11 Oktober 2013

SMKS Muhammadiyah Lhoksukon, Sederhana dengan Banyak Piala

SMKS Muhammadiyah Lhoksukon, Sederhana dengan Banyak Piala
Chairul Sya’ban | The Globe Journal
Kamis, 10 Oktober 2013 22:27 WIB

Lhoksukon- “Biar miskin, tapi bisa.” Begitulah kira-kira moto singkat SMKS Muhammadiyah Lhoksukon, Aceh Utara yang hanya dilengkapi satu jurusan yaitu administrasi perkantoran. Sekolahnya sangat sederhana, namun banyak prestasi yang diraih siswa dan siswi di SMKS tersebut.
Terbukti ketika dikunjungi The Globe Journal, Kamis (10/10/2013), banyak piala dan penghargaan yang tersusun rapi di ruangan dewan guru. Salam sapa dan senyum sumringah pun mempersilahkan The Globe Journal untuk duduk di sofa empuk yang tersusun rapi didalam ruangan dewan guru di sekolah yang sederhana itu.

Diruangan itu, tampak puluhan piala dan penghargaan dari berbagai perlombaan tersusun rapi. Foto-foto eklusif kegiatan ekstrakurikuler pun tampak dipajang di dinding yang menandakan bahwa sekolah swasta yang hanya sederhana itu ‘bisa’ prestasi layaknya sekolah negeri.

“Sekolah ini milik Yayasan Muhammadiyah. Sejak tahun 2009 sampai 2013 ini, kami terus berupaya untuk meningkatkan prestasi dari segala bidang, baik prestasi dari siswa maupun guru yang bisa membawa nama baik sekolah ini. Buktinya, sudah banyak prestasi yang kami raih,” ujar Plt Kepala Sekolah SMKS Muhammadiyah Lhoksukon, Lusiana A.Md yang didampingi Wakil Kepala Kurikulum, Indra Dewi A.Md.

Satu persatu piala diperlihatkan kepada The Globe Journal. Satu persatu pula pada piala itu tertulis hasil perlombaan siswa dari tahun ke tahun.

Diantaranya, juara satu cabang Administrasi Perkantoran, Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Aceh Utara, juara harapan satu tingkat SMA dalam karnaval HUT RI yang ke 64 tingkat Aceh Utara, juara dua LKS Program Administrasi Perkantoran tingkat Aceh Utara tahun 2012, juara dua majalah dinding Palang Merah Remaja Wira Putra Jumpa Bakti tahun 2012.

Kemudian, juara satu Camp Standart PMR Wira Putra Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) dalam rangka HUT PMI tahun 2012.

Juara satu lomba masak makanan karya zat besi PMR Wira Putra Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) tahun 2012, juara satu putri Camp Standart Penegak Perkemahan Bersama (Kemsama) dalam rangka HUT Gerakan Pramuka Ke 51 tingkat Aceh Utara tahun 2012.

Berikutnya, juara satu LKBB Perlombaan Tingkat Penegak Latihan Gabungan (Latgab) GuDep 21:34-21:40 tahun 2012 tingkat Aceh Utara, dan masih banyak lagi prestasi lainnya.

“Itulah hasil prestasi anak-anak kita dalam membawa baik nama baik sekolah dengan cara memenangkan perlombaan segala bidang. Namun, prestasi yang sering kita dapatkan adalah dari kegiatan pramuka. Siswa-siswa kitapun sepertinya sangat antusias dengan kegiatan Pramuka tersebut. Lagi pula, untuk tahun 2013 ini saja, sudah ada 21 lebih piala/prestasi dari kegiatan Pramuka yang kita dapat, baik tingkat Kabupaten bahkan Provinsi,” ujar Lusiana dengan senyum bangga.

Menariknya lagi, sesuai dengan jurusan Administrasi Perkantoran, para siswa di sekolah itu berseragam layaknya pekerja di perkantoran.

“Seragam itu kita jadikan karena sesuai dengan jurusan yang ada, yaitu Administrasi Perkantoran. Seragam tersebut juga untuk menunjukkan bahwa layaknya pekerja di perkantoran, ahli komputer, administrasi, bank, maupun lainnya yang berkaitan dengan perkantoran,” ujar lagi Lusiana.

SMKS Muhammadiyah Lhoksukon merupakan milik Yayasan Muhammadiyah Lhoksukon, terletak di jalan Banda Aceh-Medan, tepatnya satu komplek dengan Panti Asuhan Lhoksukon. Sekolah yang sederhana itu mulai tampil sejak tahun 2009, siswanya hanya 150 orang dan 25 dewan guru.

Rata-rata siswa di sekolah itu merupakan fakir miskin dan yatim piatu. Dengan begitu, tak membuat mereka patah semangat untuk tetap ‘bisa’ membawa nama baik sekolah ke tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional, bahkan Internasional sekalipun.

Penulis: Admin Dua
Komentar
comments powered by Disqus