Berita Terkini

Selasa, 18 Februari 2014

Sudah Terima ID & Password? Segera Daftar SNMPTN!

            Ilustrasi : laman SNMPTN 2014/snmptn.ac.id

JAKARTA – Mulai Senin (17/2/2014) ini, siswa kelas XII SMA/MA/SMK sudah bisa mendaftarkan diri pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014. Pendaftaran dilakukan secara online di laman http://snmptn.ac.id hingga 31 Maret 2014.

Untuk jalur SNMPTN, hanya siswa yang rekam jejak prestasinya tercatat di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang bisa mendaftar. Karena itu, sekolah yang belum mengisi PDSS diimbau untuk segera mengisi laman tersebut.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (BAAKK) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Heri Kismaryono menegaskan, pengisian PDSS oleh sekolah dibuka hingga 6 Maret 2014. Setelah itu sekolah tidak bisa lagi memasukkan data di PDSS, yang akan berakibat tidak bisanya anak didiknya mendaftar di SNMPTN.

Setelah sekolah mengisi PDSS, lanjut Heri, sekolah diminta untuk memberikan password kepada siswa agar mereka bisa memverifikasi data yang telah dimasukkan. “Jika siswa tidak melakukan verifikasi, maka data yang dimasukkan oleh kepala sekolah dianggap benar. Data tersebut tidak bisa diubah setelah waktu verifikasi berakhir,” ujar Heri, seperti dinukil dari situs Unnes, Senin (17/2/2014).

Heri menjelaskan, SNMPTN adalah seleksi calon mahasiswa baru berdasarkan prestasi akademik. Sekolah yang bisa mengikuti seleksi ini adalah sekolah yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), sedangkan siswa yang bisa didaftarkan adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

“Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS,” imbuhnya.

Selain itu, siswa yang boleh mendaftar SNMPTN kali ini adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti ujian nasional pada 2013 atau 2014. “Kami harapkan betul agar mereka membaca terlebih dahulu di laman PTN masing-masing, agar tidak perlu lagi menghubungi call center,” tutur Heri.

Tahun ini, Unnes secara keseluruhan menyediakan 6.340 kursi untuk mahasiswa baru. Seluruhnya dapat diperebutkan melalui tiga jalur penerimaan, yakni SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri.

“Sebanyak 3.448 orang atau 55 persen di antaranya akan diterima melalui SNMPTN. Selain SNMPTN, mahasiswa baru Unnes akan diterima lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi mandiri. Keduanya menggunakan ujian tulis dan keterampilan khusus untuk yang memilih program tertentu,” tutupnya.(okezone)

Penulis: hantutiga
Komentar
comments powered by Disqus