Bingkai Dunia

Senin, 25 September 2017

Ada ada saja. Luke walker masuk buku Sejarah Arab Saudi

Jika Biasanya kita sering menemukan kesalahan pencetakan buku di Indonesia namun kali ini hal tersebut terjadi juga di Arab Saudi.

Kesalahan tersebut terjadi pada pencetakan buku sejarah Arab Saudi saat Raja Saudi melakukan penandatanganan akta pendirian PBB di San Fransisco pada tahun 1945, yang merupakan momen sangat bersejarah bagi Arab Saudi.

Kesalahan fatal terjadi pada salah satu halaman buku tersebut yang menampilkan raja Arab Saudi duduk berdampingan dengan Luke Skywalker Salah satu tokoh dalam film Star Wars. Kesalahan ini tentu menimbulkan kegaduhan. Kementerian Pendidikan Arab Saudi menyesalkan kesalahan tersebut menurutnya ada tangan-tangan jahil yang sengaja memasukkan foto tersebut ke dalam buku sejarah Arab Saudi.

Foto tersebut sebenarnya adalah hasil karya seniman muda berusia 26 tahun yang dikenal dengan Shaweesh, dia adalah salah satu seniman yang sering melakukan manipulasi foto-foto sejarah Arab Saudi dengan memasukkan tokoh-tokoh unik. Namun dia menegaskan tidak bertanggung jawab terhadap kasus foto Hasil rekayasanya tersebut masuk kedalam buku sejarah Arab Saudi “aku hanya membuatnya dan aku tidak pernah memasukkannya ke dalam buku tersebut” tagasnya.

Ada ada saja..

Penulis: langet
Komentar
comments powered by Disqus