Bingkai Dunia

Selasa, 16 Mei 2017

Petani Kentang dari Dataran Tinggi Gayo

Foto petani kentang di Desa Kala Wih Ilang, Pegasing, Aceh Tengah, merawat dan memanen tanaman kentang pada tanggal 16-17/3/2017. Salah satu komoditi sayuran yang dominan dihasilkan oleh para petani di kecamatan ini adalah kentang, khususnya varietas granola. Dalam beberapa tahun terakhir, ratusan hektar tanaman kentang telah dibudidayakan oleh para petani nyaris sepanjang musim, sehingga daerah ini dikenal sebagai sentra produksi kentang di Dataran Tinggi Gayo. Setiap hari puluhan ton kentang keluar dari daerah ini untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal di kota Takengon dan sekitarnya, maupun pasar luar daerah seperti Banda Aceh, Lhokseumawe dan Medan.

JaringanPelajarAceh.com- Kentang merupakan jenis sayuran dan salah satu keluarga dari umbi-umbian yang berasal dari negara Amerika. Namun dengan perkembangan zaman tumbuhan ini dibudidayakan dan dikembangkan di negara-negara lain khususnya di indonesia. Kentang sudah menjadi makanan yang populer di berbagai negara bahkan mereka menggunakannya untuk makanan alternatif pengganti nasi dan membantu proses diet secara alami.

Selain itu kentang juga sudah menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit kencing manis (diabetes) yang digunakan oleh tabib dan jamu tradisional. Karena kandungan kentang yang mempunyai fungsi menetralisir berbagai bakteri dan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Jika diolah dalam bentuk apapun, kandungan kentang tidak akan hilang sedikitpun. Karena kadar suhu dalam kentang tidak berubah-ubah.

Kandungan Nutrisi Kentang
Kandungan yang ada dalam kentang terdiri dari 70% nutrisi dan 30% zat-zat lain. Zat-zat lain berupa protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, potasium, vitamin dan mineral-mineral lainnya. Kandungan kentang ini bisa dijadikan patokan menu makan sehari-hari untuk mengkonsumsi nya karena baik bagi kesehatan dalam tubuh. Maka dari itu konsumsi lah kentang dalam bentuk apapun.

Khasiat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh
Ada beberapa khasiat kentang bagi kesehatan tubuh antara lain:

Kaya serat serta mencegah berbagai penyakit

Kandungan serat dalam kentang sangat tinggi sebanding dengan gandum. Serat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang kurus dan kurang berat badan. Selain itu bisa digunakan untuk program orang-orang yang diet. Karena kentang berguna untuk mengukur kadar kalori yang akan dibuang oleh tubuh.

Kandungan serat pada kentang dapat mencegah berbagai masalah yang timbul dalam sistem pencernaan. Selain itu bisa mencegah timbulnya penyakit jantung, kanker prostat dan kanker rahim sesuai penelitian para ahli gizi. Kandungan vitamin B6 pada kentang dapat menghancurkan tumor dan kristal yang tumbuh sebagai virus dalam tubuh dan mencegah gangguan saraf.

Membantu penurunan kadar kolesterol

Kentang mengandung banyak kalori seperti nasi. Namun kentang mempunyai tekstur yang lembut dan membuat rasa kenyang lebih tahan lama karena tumpukan kalorinya seimbang dan kental. Selain itu dapat membantu penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan zat potasium yang bermanfaat untuk menghancurkan tumpukan kadar kolesterol pada sistem pencernaan terutama pada sistem peredaran darah. Ini perlu kita ketahui agar selalu mengkonsumsi kentang secara berkala.

Penulis: Fauziah Fauziah
Komentar
comments powered by Disqus