Kegiatan

Selasa, 19 September 2017

Hibeuna dan Mahasiswa Tokyo University Simulasi Bencana

JaringanPelajarAceh.com – Kegiatan multilateral interaction with student antara mahasiswa Tokyo University dengan mahasiswa magister ilmu kebencanaan Unsyiah (Hibeuna) berisi sosialisasi dan penguatan serta simulasi/drilling skenario evakuasi gempa tsunami berlangsung di SDN Kajhu dan SDN Mon Singet, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, 13-18 September 2017.
Ketua Himpunan Mahasiswa Kebencanaan (Hibeuna) Unsyiah, Adnani Ilyas menginformasikan, program kerja sama tersebut dimaksudkan sebagai sharing pengetahuan dan pengalaman mempersiapkan masyarakat termasuk di dalamnya peserta didik dan guru terhadap bahaya bencana serta dampak ikutan yang mungkin terjadi.
Simulasi dan drilling tsunami melibatkan beberapa mahasiswa magister ilmu kebencanaan Unsyiah yang tergabung dalam organisasi Hibeuna dibantu 11 mahasiswa Tokyo University. Simulasi juga diperkuat personel BPBA, Polsek Baitussalam, keuchik, dan beberapa stakeholder lainnya.
Di bagian akhir simulasi dan drilling, dilaksanakan workshop bertema sustainable development in disaster risk reduction menampilkan narasumber Dr M Dirhamsyah ST MT (Dewan Pakar Forum PRB Aceh yang juga Dekan Fakultas Sains dan Tekhnologi UIN Ar Raniry serta Unsur Pengarah BPBA). Juga ada presentasi oleh enam mahasiswa Tokyo University dan arahan Sekretaris Prodi Magister Ilmu Kebencanaan, Dr Nizamuddin MSc

 

Penulis: Cut Linda
Komentar
comments powered by Disqus