Kegiatan

Sabtu, 25 November 2017

Revitalisasi SMK-PP Negeri Saree Aceh

Revitalisasi SMK-PP Negeri Saree Aceh

Pada Tahun 2017 ini, Pihak Dit-PSMK Kemendikbud RI telah menetapkan 125 SMK se-Indonesia sebagai SMK yang di revitalisasi. jumlah ini merupakan bagian dari 1650 SMK yang akan di Revitalisasi hingga 2019, ProgramRevitalisasi ini merupakan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK.

SMK-PP Negeri Saree sendiri adalah salah satu SMK yang masuk dalam ProgramRevitalisasi SMK tahun 2017 ini. Oleh sebab itu, Pihak Dit-PSMK Kemendikbud telah menunjuk bapak Dr. Ta’ali, MT, Dosen Universitas Negeri Padang Sumatera Barat sebagai Pendamping untuk SMK-PP Negeri Saree.

Menindaklanjuti SK PPK Subdit Kurikulum Dit-PSMK Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Nomor 761b/D5.2/KU/2017 tentang Penetapan SMK Penerima Bantuan Pendampingan dan Publikasi Revitalisasi SMK tahun 2017, maka dilakukanlah Pendampingan oleh Pendamping yang telah ditunjuk sebanyak 2 tahap. yang mana tahap 1 telah dilaksanakan pada 21-25 Agustus 2017. saat ini sedang berlangsung Pendampingan tahap 2 sejak 20 – 24 Nopember 2017. dimana pada tahap ini Tim Revitalisasi SMK-PP Negeri Saree dibawah komando saudara Khatmi Ilyas, S.Pd selaku Koordinator menyiapkan dan menyusun berbagai Rencana Rencana Kerja Pengembangan/Peta Jalan Revitalisasi untuk tahun 2017 hingga 2025.

Adapun fokus Rencana Kerja sekolah dalam rangka Revitalisasi SMK ini ada 6 hal, yaitu; Revitalisasi Kerjasama dengan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri), Revitalisasi Inovasi Pembelajaran, Revitalisasi Penyelarasan Kurikulum, Revitalisasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Revitalisasi Sarana dan Prasarana, dan Revitalisasi Tata Kelola Kelembagaan. Berdasarkan fokus pengembangan sekolah tersebut maka tim Revitalisasi ini juga dibagi sesuai 6 bidang tersebut.

Dalam kesempatan ini, Tim Revitalisasi SMK-PP Negeri Saree juga mengundang beberapa Pihak yang mewakili Dunia Usaha dan Dunia Industri guna memberi masukan dan saran tentang Kurikulum sehingga tercipta keselarasan antara SMK dan kebutuhan Industri. ini menjadi penting demi terciptanya kualitas siswa dan alumni dapat diterima oleh Dunia Kerja.

Pendampingan tahap 2 ini merupakan pendampingan tahap akhir dalam tahun 2017 ini, diharapkan setelah 2 kali pendampingan ini dapat lahirnya sebuah Program Kerja dan Peta Jalan Revitalisasi yang terintegrasi antar lini/unit kerja tahun 2017 sampai tahun 2025. Kebijakan Muhammad Amin, SP, MP selaku Kepala sekolah SMK-PP Negeri Saree.

Rencana program Kerja dan Peta Jalan Revitalisasi SMK-PP Negeri Saree ini akan disampaikan kepada Dit-PSMK Kemendikbud oleh Pendamping untuk dapat dievaluasi demi kelanjutan Program Revitalisasi ini pada tahun 2018 – 2025.

Program Revitalisasi SMK ini menjadi sangat penting bagi Siswa, Guru, staf dan Alumni SMK-PP Negeri Saree serta propinsi Aceh demi meningkatnya Kualitas dan Kuantitas Pendidikan Kejuruan Pertanian dalam rangka menyukseskan Program Ketahanan Pangan sebagai salah 1 program Nawacita Pemerintahan Jokowi. demikian disampaikan oleh Muhammad Amin, SP.,MP selaku Kepala SMK-PP Negeri Saree.

Penulis: langet
Komentar
comments powered by Disqus