Renungan

Rabu, 14 Juni 2017

Membaca Alquran adalah Obat Hati

Makna Al Quran sebagai Obat Hati dan Jasmani

JaringanPelajarAceh.Com- berbicara mengenai al-Quran sebagai syifâ’ (obat atau penawar) terhadap penyakit, hingga saat ini masih menjadi perbicangan yang menarik. Apalagi, ketika wacana itu dilanjutkan dengan fungsinya (al-Quran) sebagai rahmat (karunia) kemudian memicu para tafsir al-Quran untuk menjelaskannya dengan berbagai ragam pendekatan dan metodenya. Tetapi, ketika kita cermati, semuanya bermuara pada satu pendapat, bahwa efektivitas kegunaan al-Quran sebagai syifâ’ dan rahmah sangat bergantung pada manusia yang mengharapkannya. Nabi Muhammad saw merupakan panutan dan suri tauladan bagi kita semua. Allah swt memuji Rasulullah dalam Alquran, karena akhlak Rasulullah adalah Alquran yang dijaga kebenarannya oleh Allah swt hingga akhir zaman.

 

Ustadz Umar Ismail menyampaikan Alquran merupakan firman Allah swt yang terjamin kebenarannya. “Mari kita sama-sama mengisi hari-hari di Bulan Ramadhan dengan terus membaca Al Quran,”

Melalui bulan Ramadhan ini merupakan kesempatan bagi kita sebagai latihan pengendalian diri dari perbuatan yang salah.

“Kita dengar saat ini marak aksi kenakalan remaja, aksi begal dan geng motor karena salah satu penyebab nya adalah jauh dari Al Quran, maka dari itu mari kita didik anak-anak kita sebaik mungkin,” kata Ustadz Umar.

Perbanyaklah membaca Al Quran karena membaca Al Quran merupakan obat hati dan juga banyak petunjuk bagi orang yang bertaqwa, mari sama-sama kita kaji Al Quran yang didalamnya terdapat banyak sekali petunjuk.

Penulis: Fauziah Fauziah
Komentar
comments powered by Disqus