X

Kadisdik Aceh Cicipi Jamu Bir Pletok Produk Siswa SMKN Taman Fajar Aceh Timur

Kepala Dinas Pendidikan, Drs Alhudri MM mencicipi jamu bir pletok (wedang jahe) yang dipamerkan oleh SMK Negeri Taman Fajar di stand Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Timur pada arena Pekan Kebudayaan Aceh (PKA)-8 tahun 2023.

Alhudri bersama rombongan pejabat dari Disdik Aceh lainnya, terlihat sangat menikmati jamu pletok disela mengunjungi stand Cabdin yang memamerkan produk siswa SMA dan SMK di stand masing-masing wilayah, Selasa (7/11/2023).

“Jamu ini sangat nikmat dan bisa menghangatkan badan. Semoga jamu produksi siswa SMK Negeri Taman Fajar ini bisa diproduksi lebih banyak lagi dan selanjutnya dipasarkan kepada masyarakat sebagai nilai ekonomis,” ujar Alhudri singkat.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri Taman Fajar, Azwar Malik R SPd mengatakan, jamu bir pletok ini lebih dikenal dengan wedang jahe berasal dari daerah Betawi di Pulau Jawa, lalu diproduksi di SMK Negeri Taman Fajar.

“Jamu bir pletok ini sudah di-launching bertepatan dengan peluncuran Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) 68 SMK se-Aceh oleh Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki dan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud RI, Kiki Yuliati pada bulan Maret 2023 lalu,” kata Azwar.

Dikatakannya, jamu bir pletok ini sebenarnya nama itu biasa saja walaupun menggunakan kata bir, tapi bukan minuman yang beralkohol, karena bir pletok ini dibuat dari campuran beberapa rempah seperti jahe, daun pandan wangi, kayu manis, cengkeh, pala, kapulaga, dan serai.

“Jamu bir pletok ini lebih dikenal dengan wedang jahe berasal dari daerah Betawi di Pulau Jawa, lalu diproduksi di SMK Negeri Taman Fajar,” kata Azwar.

“Agar warnanya menarik dapat ditambahkan kayu secang, yang akan memberikan warna merah,” sebutnya.

Lebih lanjut Azwar menyampaikan, bir jamu pletok ini merupakan produk Teaching Factory (TeFa) karya guru dan siswa SMK Negeri Taman Fajar.

“Produk ini akan dipasarkan dan menjadi salah satu minuman yang bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan jamu ini salah satu yang sangat diminati oleh para pengunjung di arena PKA,” ungkap Azwar.(*)

\\aceh.tribunnews.com

Redaksi:
Related Post