Hayooo… Hati-Hati ya Pilih Kampus !

Jaringanpelajaraceh – Jakarta, Berbagai kampus swasta masih membuka pendaftaran mahasiswa baru. Tapi, masih juga bingung nih mau pilih kampus yang mana. jpa-kuliah

Daripada bingung, simak beberapa tips memilih kampus seperti yang telah dirangkum berikut ini: 

Minat dan kemampuan

Cari tahu dulu, apa minat dan kemampuanmu. Kemudian, cari kampus dengan jurusan yang sesuai minat dan bakatmu itu. Jika ada beberapa pilihan, ambil kampus yang paling berkualitas. 

Menurut alumnus Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Bonita Ningsih, minat dan kemampuan harus jadi nomor satu karena sekarang banyak anak SMA yang memilih kampus hanya karena ikut pilihan teman-temannya. Dengan alasan, supaya ada teman yang dikenal. 

Ada juga yang melihat kampus bagus secara fisik dan terkenal. Tetapi si mahasiswa ini, kata Bonita, tidak memilih kampus yang memiliki jurusan sesuai bakat dan minatnya. Kalau ini terjadi, Bonita yakin, ketika mahasiswa tersebut mencari kerja akan bingung. 

“Aku pernah ikut seminar dan ada yang ngeluh, menyesal enggak ngambil jurusan sesuai kemampuan dan minatnya, karena ujung-ujungnya dia cuma bisa bekerja sesuai kemampuannya,” kata Bonita kepada Okezone,Rabu (25/6/2014).

Fadlan Muzakki, alumnus Universitas Nasional sepakat, setelah menentukan jurusan sesuai minat, kita lalu melihat kampus mana yang memiliki jurusan tersebut. 

“Kalau main asal pilih kampus tapi enggak jelas jurusannya, sama saja bohong. Jangan pilih kampus bonafide tapi enggak punya jurusan yang dibutuhkan. Sebab, enggak semua kampus memiliki jurusan perkuliahan yang bagus,” ujar sarjana Hubungan Internasional itu.

Reputasi 

Setelah itu, kata Bonita, kita bisa melihat reputasi kampus yang akan dipilih. Pastikan kampus pilihan kita memiliki nama baik dan lulusan berkualitas.

“Soalnya reputasi kampus juga membantu di dunia pekerjaan,” imbuhnya. 

Lihat langsung

Sementara itu, bagi mahasiswa Universitas Prof. Dr. Moestopo (beragama), Mahesa Nur Syafe’i, melihat langsung kondisi kampus pilihan juga perlu. Dengan begitu, kita tahu persis bagaimana keadaan calon almamater kita, termasuk berbagai fasilitasnya. 

“Jangan cuma lihat di brosur atau gambar di internet,” ujar mahasiswa Ilmu Jurnalistik itu. 

Sumber: Okezone | Foto ilustrasi [rm]