Mau Jadi Pengusaha Sukses ? Lakukan Hal Ini

JAKARTA – Wirausaha menjadi bidang usaha yang menjadi pilihan kaum muda saat ini. Namun, masih banyak pula kawula muda yang merasa bingung untuk menjadi seorang pebisnis sukses.
 
Untuk itu, Profesor Kewirausahaan Universitas Ryerson Toronto, Kanada, yakni Dave Valliere berbagi rahasia sukses menjadi seorang pengusaha. Di hadapan 80 mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB), dia menyebutkan tiga hal yang harus dilakukan oleh orang-orang yang ingin menjadi pengusaha.
 
“Pertama, mungkin orang lain akan menyebutmu gila. Tapi pada akhirnya kamu akan tahu bahwa itu salah dan kamu harus membuktikannya,” ujar Dave.SteveJobsCloseUp
 
Kedua, seorang pengusaha harus berpikir lebih baik dari orang lain. Caranya, kata Dave, dengan banyak membuka mata dan pikiran. Baik dari buku, internet, maupun belajar dari orang lain.
 
“Ketiga, ciptakan nilai pada bisnis yang kamu jalankan, maka kamu akan mendapatkan penghargaan yang pantas atas usahamu. Yang terpenting, jadilah pengusaha dan pasar akan mengajarkan segalanya untuk membuatmu sukses,” imbuhnya.
 
Menurut Dave, ada dua tipe pebisnis, yaitu nyamuk dan beruang. Tipe nyamuk adalah orang yang terbiasa bergerak cepat dengan banyak terobosan dalam bisnis tapi tidak memiliki pertahanan dalam melindungi kelangsungan bisnisnya. Kemudian tipe beruang ialah orang yang menjalankan bisnis dengan perlahan-lahan tapi dengan dukungan sumber daya yang kuat dan ulet menekuni bisnisnya.
 
“Apapun tipe yang dipilih, siapapun harus konsisten menjalani bisnisnya hingga selesai. Jika memang ingin melakukannya, maka lakukanlah sampai selesai. Tidak boleh melangkah setengah-setengah,” tutup Dave.