Tips Memilih Kampus Terbaik

Menjelang tahun ajaran baru perkuliahan, para siswa disibukkan dengan kegiatan mencari kampus terbaik untuk mereka. Kebingungan pun melanda. Apalagi setiap kampus mengecap diri sebagai nomor satu.

Di antara faktor yang bisa dipertimbangkan siswa adalah rangking perguruan tinggi. Setiap tahun, berbagai lembaga pemeringkatan mengeluarkan daftar rangking perguruan tinggi di dunia. Mereka menggunakan berbagai indikator, mulai dari prestasi akademik hingga tingkat kebahagiaan mahasiswa.

Tetapi, apa sebenarnya makna “terbaik” dalam pendidikan tinggi? Apakah ini menyangkut passing grade yang tinggi, tingkat kelulusan atau produktivitas para dosen? Atau terbaik dari segi fasilitas dan pergaulan mahasiwanya?

Dalam memilih kampus, rangking memang masih bisa dijadikan pegangan. Tetapi, kampus terbaik sejatinya adalah sekolah yang dapat menerima kekuatan dan kelemahanmu; memenuhi kebutuhanmu; mendukung ambisimu dan membantu pencapaian target-targetmu.

Berikut beberapa tips memilih kampus terbaik, seperti dilansir US News, Senin (2/6/2014).

1. Jangan terobsesi dengan rangking 
Tidak ada yang absolut dalam pemeringkatan. Fokuslah pada upaya mencari kampus yang cocok dengan kebutuhan dan minatmu ketimbang terobsesi pada suatu perguruan tinggi karena peringkatnya.

2. Gunakan rangking hanya sebagai panduan
Pemeringkatan kampus sangat variatif, baik dari data maupun tujuannya. Data tersebut memang menarik, tetapi kebanyakan tidak dapat digunakan sebagai perbandingan karena berbagai perbedaan antarinstitusi seperti budaya, misi dan kebijakan mereka.

3. Gunakan data rangking sebagai referensi pencarian kampus 
Gabungkan data pemeringkatan dengan hasil risetmu sendiri tentang suatu kampus, termasuk kunjungan dan diskusi dengan berbagai orang. Hasil triangulasi ini dapat menjadi acuan untuk menentukan kampus.

4. Tiga pertanyaan kunci 
Membandingkan satu kampus dengan kampus lainnya kerap membuat siswa lupa berpikir tentang apa yang paling penting dalam masa depan pendidikan mereka. Cobalah untuk fokus pada tiga pertanyaan kunci ini, siapa Anda, mengapa Anda ingin pergi kuliah dan pengalaman apa yang Anda harapkan selama menjalani kuliah.

5. Jangan berubah ketika kuliah 
Ketimbang berupaya setengah mati untuk menjadi kandidat yang diinginkan kampus, fokus saja pada apa yang membuatmu bahagia. Kemudian cari kampus yang dapat mendukung hal itu.

6. Cari kampus yang paling sesuai kebutuhan 
Kampus terbaik adalah kampus yang menawarkan program studi sesuai minat dan kebutuhan serta menyediakan sistem belajar yang sesuai dengan gaya belajarmu. Pertimbangan lainnya, kampus terbaik adalah kampus yang suasananya membuatmu merasa betah seperti di rumah.

7. Berita 
Bacalah berbagai berita tentang kampus-kampus pilihan sebelum menentukan mana yang terbaik.

Sumber  : Okezone.com