Beberapa Point Penting Pidato Hardiknas 2017

Berikut beberapa Point Penting Pidato Hardiknas yang akan disampaikan dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional.

  1. Tema Hardiknas kali ini adalah “Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas“.
  2. Peran Ki Hadjar Dewantara sangat besar dalam perintisan pendidikan  nasional.  Beberapa di antara pandangan pemikiran Ki  Hadjar Dewantara adalah:
    1. Panca Dharma” yaitu bahwa pendidikan perlu beralaskan lima dasar yaitu  kemerdekaan, kodrat alam, kebudayaan, kebangsaan, dan kemanusiaan.
    2. “Kon-3” yaitu bahwa penyelenggaraan pendidikan harus berdasarkan asas kontinuitas, konvergensi, dan konsentris, dalam arti proses pendidikan perlu berkelanjutan, terpadu,  dan berakar di bumi  tempat  dilangsungkannya   proses  pendidikan.
    3.   “Tri-pusat  Pendidikan” bahwa pendidikan hendaklah berlangsung di tiga lingkungan, yang kita kenal dengan nama tripusat, yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat yang saling berhubungan simbiotis dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
  3. Konsep pendidikan  Ki  Hadjar  Dewantara  adalah : “ apabila di depan memberi teladan,  apabila di tengah memberi ilham (inspirasi) dan   apabila   di   belakang   memberi   dorongan”.
  4. Prinsip-prinsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara menjadi dasar acuan visi Presiden RI,  Joko Widodo di bidang pendidikan. Dalam visi Presiden, masa depan Indonesia adalah sangat ditentukan oleh generasi peserta didik masa kini yang  memiliki  karakter atau budi pekerti yang kuat, serta menguasai berbagai bidang ketrampilan hidup,  vokasi dan profesi abad 21.
  5. Pendidikan karakter   kembali   menjadi   fondasi   dan   ruh   pendidikan   Nasional.   pembentukan karakter menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar  (Basic  Education).
  6. Kementerian akan melakukan reformasi pendidikan,  Reformasi    pendidikan     pada    tataran    aksi,    ditandai    dengan    Gerakan Penguatan  Pendidikan  Karakter  (PPK) dan Gerakan  Literasi  Nasional  (GLN).
  7. Tujuan Akhir Reformasi Pendidikan adalah untuk menyediakan pendidikan yang terjangkau bagi seluruh rakyat Indonesia dan berkualitas sehingga Rakyat Indonesia mampu mencapai keunggulan dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
  8. Pada  Hari  Pendidikan   Nasional   2017  sekarang,   mari  kita  singsingkan   lengan  baju untuk  menggerakkan    reformasi   pendidikan   nasional  demi  anak  cucu  kita.

Konsep Pidato Lengkapnya dapat di Donwload disini