BOOMING GURU DI ACEH

jaringanpelajaraceh.com- Tahun 2019 Provinsi Aceh akan menghadapi masalah Booming guru. Jumlah guru di Aceh saat ini sudah melebih dari yang dibutuhkan, namun jika kita sering mendapatkan informasi bahwa ada sekolah yang tidak memiliki guru itu lebih disebabkan oleh penataan pemerataan guru yang belum berjalan secara optimal.

berdasarkan data yang berhasil kami peroleh dari NIEP (National Indicator For Edication Planning) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, perbandingan guru SD/MI dengan Jumlah sekolah sebesar 14.42 artinya dalam satu SD di Aceh jumlah gurunya, rata-rata sebanyak 14 orang (rata-rata Nasional 11.5). hal ini menyebakan kelebihan sebanyak 6 orang guru karena kebutuhan Standar jumlah Guru SD yang memiliki 6 Ruang Kelas adalah sebanyak 6 orang ditambah 1 orang Guru Agama dan 1 Orang Guru Olahraga.

Begitu juga halnya dengan jumlah Guru SMP. Saat ini rata-rata rasio Guru dengan Sekolah di Jenjang SMP sebesar 20.88 sedangkan rata-rata nasional sebesar :17.10, artinya secara Nasional saja Aceh sudah kelebihan 3 orang guru pada setiap jenjang SMP, jika jumlah SMP di Aceh sebanyak 1.082 maka jumlah kelebihan guru SMP di Aceh adalah sebanyak 3246 orang.

Bagaimana dengan Jenjang SMA. Kondisi juga sama, Rata-rata jumlah Rasio Guru dengan sekolah adalah sebesar 29.8 (dibulatkan 30)  sedangkan rata-rata nasional hanya sebesar 23.74 (dibulatkan 24), jadi secara nasional setiap sekolah kita kelebihan 6 orang guru,  jika jumlah SMA di Aceh sebanyak 509 sekolah maka total kelebihan guru SMA  di Aceh sebanyak 3.054 orang .

Lalu bagaiman dengan ketersediaan guru Aceh untuk masa yang akan datang. berdasakan data yang kami peroleh dari website pangkalan data Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi di www.http://forlap.dikti.go.id. Jumlah terbesar mahasiswa yang sedang belajar di perguruan tinggi Aceh saat ini berada pada Bidang Pendidikan  sebanyak 25.ooo orang. artinya akan ada 25.000 calon guru yang akan berebut menjadi guru, karena rata-rata guru pensiun untuk jenjang SD/SMP sebanyak 1.364 orang/Tahun dan SMA/SMK dan MA hanya sebanyak 258 0rang/Tahun*(data Kemendikbud RI), ini menyebabkan sebanyak 23.378 orang Calon Guru  akan menganggur.

Kondisi ini harus segera disikapi dengan bijak oleh Pemerintah Aceh dan Perguruan Tinggi di Aceh. Pemerintah Aceh harus segera melakukan penataan ulang guru secara profesional serta perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Aceh harus segera melakukan memorandum penerimaan calon mahasiswa untuk didik sebagai guru. Jika kondisi ini tidak segera disikapi maka pada tahun 2019 Aceh akan mengalami BOOMING Guru yang tentunya akan segera diikuti oleh menimgkatnya jumlah penganggguran terpelajar yang pasti akan menimbulkan kegaduhan sosial di masyarakat.

Penulis : Muksalmina, S.Pd, M.Si