Disdik Aceh Latih 40 Siswa Simeulue sebagai Dokter Kecil

Dokter Kecil

JaringanPelajarAceh.com — Simeulue | Dinas Pendidikan Aceh menyelenggarakan Latihan Pertolongan Pertama untuk Siswa Sekolah Dasar, Minggu (7/9) bertempat di SDN 3 Teupah Barat, Simeulue upaya integrasi materi kebencanaan dalam pendidikan bagi siswa.

Pelatihan ini memperkuat pemahaman, dan ketrampilan peserta tentang pertolongan pertama, mengatasi pendarahan, syok, cedera, luka bakar dan pemindahan penderita.

Siswa yang dilatih merupakan calon dokter kecil yang diharapkan akan mempu menangani teman sebayanya bila terjadi kecelakaan dengan memiliki keterampilan tentang praktik pertolongan pertama. Hal ini penting dalam rangka penguatan peran Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan kelompok ekstrakurikuler menuju sekolah siaga bencana pada masa yang akan datang.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Program Pendidikan Kebencanaan atau disebut juga Sekolah Siaga Bencana ditujukan untuk 10 sekolah tingkat dasar yang berada di kawasan rawan bencana, difokuskan pada Kecamatan Teupah Barat dan Simeulue Tengah

Ilgi Dea Ananda (10) siswa kelas 5 SDN 08 Teupah Barat, saat diwawancarai mengungkapkan kami diajarkan cara menangani luka, mimisan, pingsan, tapi kami belum bisa melakukan, perlu di ulang lagi, agar kami bisa praktekkan disekolah nanti.