Jelang HUT RI, Masyarakat Daftar Upacara Bawah Laut di Sabang

Jaringanpelajaraceh.com – Berbagai kalangan  dari mahasiswa, TNI, dan sipil yang berasal dari berbagai profesi antusias mengikuti upacara HUT RI yang akan digelar pada 17 agustus mendatang. Acara yang akan dilaksanakan di bawah laut kawasan Gapang, Sabang, Provinsi Aceh itu telah menerima pendaftaran peserta lebih dari 100 orang.75238_pengibaran_bendera_dalam_air_663_382

“Yang mendaftar sebagai peserta upacara detik-detik proklamasi RI di Laut Sabang itu masyarakat sipil dan militer dari berbagai provinsi, seperti Kalimantan Barat, Bandung, Medan  selain Aceh,” kata Sekretaris Panitia, Nurjannah seperti dikutip dari Waspada online.

HUT Kemerdekaan RI ini akan diisi dengan upacara pengibaran bendera merah putih di kedalaman 15 meter bawah laut Sabang. Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal I) Belawan Laksma TNI Pulung Prambudi menjadi inspektur upacara nanti.

Upacara HUT RI tersebut juga menjadi momentum untuk memperkenalkan pariwisata Sabang sebagai tujuan wisata nasional. Pemerintah tengah berupaya dengan membangun berbagai fasilitas untuk memajukan sektor pariwisata pulau Weh.

“Keindahan alam Sabang patut mendapat tempat bagi setiap orang sehingga menjadi tujuan utama untuk berlibur,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Pahlevi.