Laporan Khusus UN Aceh 2017 : Dinas Pendidikan Aceh membagikan Hasil UN Aceh untuk jenjang SMA dan SMK.

Jaringanpelajaraceh.com – Dinas Pendidikan Aceh sebagai Panitia UN Provinsi membagikan hasil perolehan nilai UN SMA dan SMK Tahun 2017 kepada para Panitia UN Kabupaten. Hasil UN ini akan diserahkan kepada Kepala Sekolah yang selanjutnya kepala sekolah akan melakukan analisis dan penggabungan dengan nilai sekolah untuk menentukan nilai kelulusan siswa.

Sebagaimana diketahui bahwa nilai UN bukan lagi menjadi tolak ukur kelulusan siswa, namun nilai UN digunakan sebagai standar nasional pendidikan, selain itu Nilau UN juga digunakan dalam seleksi siswa untuk masuk perguruan Tinggi dan Dunia kerja.

Pengumuman Kelulusan siswa direncanakan akan diumumkan serentak pada tanggal 2 Mei 2017, karena Nilai UN yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan sudah diterima oleh sekolah. Kepala Dinas Pendidikan Aceh mengharapkan agar Selisih Nilai UN dengan Ujian Sekolah tidak terlalu jauh.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh dalam sambutan menyebutkan bahwa nilai UN Aceh belum mampu mencapai peringkat sebagaimana yang kita harapkan walaupun demikian hasilnya sudah cukup baik dibandingkan dengan tahun lalu. Secara nasional capaian nilai rata-rata UN Aceh Tahun ini mengacu pada PAP (Penilai Acuan Patokan) dimana 15 persen beraada peringkat Atas, 2 persen berada diperingkat bawah dan sisa berada di peringkat tengah.

Selain itu Kepala dinas Pendidikan Aceh  juga mengharapkan agar sekolah membimbing siswanya yang akan meneruskan kuliah, diarahkan minat dan bakat siswa dan berilah informasi tentang universitas dan  fakultas yang sesuai dan terjangkau bagi siswa dan orang tuanya.