Lebih 50% Semua Jenjang Sekolah di Aceh belum di Akreditasi

Gambaran Akreditasi Sekolah di Aceh Tahun 2016

jaringanpelajaraceh.com – Hampir 53.2% SMA di Aceh belum di akreditasi. dari 774 Sekolah hanya baru 46.8 % sekolah yang baru terakreditasi,  atau setara sekolah 362  Sekolah.  dari data tersebut sebanyak 16.6%  SMA yang mendapatkan Akreditasi A, 22.6 % Berakreditasi B dan 7.6 % Berakreditasi C.

Untuk Jenjang SMP, sebanyak 10.7% Sekolah berakreditasi A, 25.4 % berakreditasi B dan 14.3 % berakreditasi C sedangkan sisanya sebanyak 49.7 % belum di Akreditasi. sedangkan untuk jenjang SD sebanyak 5.3% berakreditasi A, 26.8 Berakreditasi B, 13.4 % Berakretasi C dan sisanya 54.5 % belum terakreditasi.

Daftar Jumlah Sekolah di Aceh

Masih banyaknya sekolah yang belum berakreditasi menjadi gambar yang tidak bagus dalam pencapaian mutu pendidikan disuatu daerah, namun kerena tanggungjawab Akreditasi berada pada Badan Akreditasi Nasional (BAN) maka Pemerintah Daerah hanya dapat melakukan penyempurnaan sekolah-sekolah yang berakreditasi C untuk dapat di tingkatkan Akreditasinya.

Masalah utama yang dihadapi oleh BAN adalah karena keterbatasan  dana yang dialokasikan oleh pemerintah Pusat untuk Akreditasi setiap tahunnya, sehingga Dinas Pendidikan Aceh melakukan sharing dana kepada BAP (Badan Akreditasi Provinsi) untuk mengejar ketertinggalan jumlah sekolah yang belum di akreditasi di Aceh.