Orientasi Mahasiswa Baru Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry

Jaringanpelajaraceh.com | Sinabang — Mahasiswa baru program sarjana (S-1) Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, dibekali orientasi perpustakaan. Cara tersebut dinilai lebih baik dibandingkan tradisi ospek yang bernuansa kekerasan.

Hal itu disampaikan Ketua umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Ar-raniry, Khaira Mulia, melalui siaran pers yang diterima Analisa, Selasa (2/9).

Lebih lanjut dijelaskan, para mahasiswa baru itu dibekali orientasi perpustakaan sebagai salah satu materi dalam orientasi jurusan yang dilaksanakan di Pusat Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, akhir Agustus lalu.

Orientasi perpustakaan atau disebut orientasi  pengenalan akademik dan kemahasiswaan (OPAK) UIN Ar-Raniry dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenali ilmu perpustakaan.

“Ini merupakan salah satu kesempatan untuk memperkenalkan perpustakaan kepada mahasiswa baru, bahkan menjadi salah satu syarat khusus untuk mahasiswa baru Jurusan Ilmu Perpustakaan,” katanya.

Sementara, kepala Pusat Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Abdul Manar, mengatakan, orientasi seperti yang dilaksanakan tersebut merupakan cerminan serta tujuan dari pelaksanaan OPAK yang sebenarnya.

“Saya menyambut baik kehadiran para mahasiswa baru dan ini merupakan sesuatu dari tujuan orientasi kampus itu sendiri, yaitu membantu mahasiswa baru agar memiliki pandangan tentang arah belajar,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, orientasi perpustakaan sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru untuk memperkenalkan fitur perpustakaan yang tidak hanya sebagai tempat menyediakan informasi atau buku, tetapi juga memahami ilmu perpustakaan secara luas.

Sumber : analisadaily.com | df