Presiden Buka MTQ di Batam Malam Ini

sby

Jaringanpelajaraceh.com | BATAM – Musabawah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-25 di Batam, Kepulauan Riau, dijadwalkan akan dibuka Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada Jumat (6/6) malam, yang dipusatkan di Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Dari Aceh dipastikan yang menghadiri acara pembukaan selain peserta dan pengurus kafilah Aceh juga Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh  Drs H Dermawan MM.

Panitia Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXV menyiapkan 25 tembakan kembang api untuk pembukaan MTQ di Batam, Kepulauan Riau pada Jumat (6/6/2014) malam.

Ketua Panitia Bidang Acara Buralimar mengatakan, penembakan kembang api akan dilakukan selepas menyanyikan Mars MTQ dan pemasangan 25 bendera Lembaga Pengembangan Taman Quran (LPTQ).

“25 komet akan kami lepaskan. Itu jenis kembang api tidak berbunyi, jadi soft saja. Kenapa 25 untuk menandakan MTQ ke-25,” kata Buralimar, Kamis (6/6/2014).

Kegiatan pembukaan MTQ dilaksanakan tepat pukul 19.30 WIB, diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya. Yang disambung dengan tarian sekapur sirih oleh 200 anak, dan masuknya kontingen dan undangan lain.

“Jadi ada Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) juga, terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat lintas agama ada 50 orang. Masuk kontingen, yah sama seperti urutan pawai tadi lah,” sambung Buralimar.

Acara spektakulernya, menurut Buralimar akan terjadi dalam tahap selanjutnya. Setelah pukulan beduk, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono langsung disambut 250 orang pemain kompang.

Kemudian, lokasi pembukaan akan menjadi black out. Kegelapan akan menyelimuti astaqa dan seputaran Engku Putri, sebagai penggambaran zaman jahiliyah.

“Jadi digambarkanlah zaman jahiliyah dengan gelap gulita, baru masuk jaman turun Alquran hingga masa terang benderang. Dengan tanda pembacaan surat Al Alaq ayat 1 sampai 5.”

Untuk memberikan kehormatan bagi Presiden SBY, panitia pun mengundang penyanyi kenamaan Ebiet G. Ade yang akan menyanyikan lagu ciptaan SBY, berjudul Mengarungi Keberkahan Tuhan.

Sumber : Aceh.tribunnews.com | DF