Rektor Unsyiah Lantik 4 Purek

JaringanPelajarAceh.com | BANDA ACEH – Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof Dr Samsul Rizal MEng melantik empat Pembantu Rektor (Purek) Unsyiah periode 2014-2018 di Gedung AAC Dayan Dawood Darussalam, Banda Aceh, Rabu (14/5) sore. universitas-syiah-kuala-unsyiah-prof

Keempat purek yang dilantik itu adalah Dr Hizir Sofyan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebagai Pembantu Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Husni Jalil SH MHum dari Fakultas Hukum, sebagai Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr Ir Alfiansyah Yulianur dari Fakultas Teknik sebagai Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, dan Dr Nazamuddin SE MA dari Fakultas Ekonomi sebagai Pembantu Rektor Bidang Kerja Sama.

Nama-nama mereka disepakati sebagai Purek Unsyiah dalam rapat senat yang berlangsung di Unsyiah pada hari Senin, 12 Mei lalu.

Masing-masing mereka menggantikan para purek sebelumnya, yaitu Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng (Purek I) yang kini menjadi Rektor Unsyiah, Eddy Nur Ilyas SH MHum (Purek II), Dr Rusli Yusuf MPd (Purek III), dan Prof Dr Ir Darusman MSc (Purek IV).

Menurut Kepala Humas Unsyiah, Dr Ilham Maulana kepada Serambi di Banda Aceh, Kamis (15/5), sebelum diangkat pada jabatannya tersebut, para purek baru ini juga menjabat pada jabatan lain.

Dr Hizir, misalnya, merupakan Dekan FMIPA, Prof Husni Jalil sebelumnya adalah Ketua Program Studi S3 Ilmu Hukum, Dr Alfiansyah Yulianur sebelumnya Asisten Direktur Bidang Akademik pada Program Pascasarjana Unsyiah, sedangkan Dr Nazamuddin merupakan anggota Senat Unsyiah dari Fakultas Ekonomi.

Pelantikan keempat purek itu turut dihadiri Ketua DPRA Hasbi Abdullah, Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) Iskandar Muda, Kepala Bappeda Aceh, anggota Senat Unsyiah, para dekan dari semua fakultas di Unsyiah, serta para dosen di lingkungan Unsyiah, tak terkecuali Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsyiah.

Dalam sambutannya, Rektor Unsyaih berharap agar para purek yang baru dilantik itu dapat bekerja secara kompak dan optimal untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan tinggi Unsyiah di masa mendatang. Khusus kepada Purek Bidang Akademik, Samsul berpesan agar dapat bekerja sama dengan semua pihak di Unsyiah untuk memperbaiki sistem akademik.

“Sesuai target kita, tahun 2020 nanti kita ingin Unsyiah menjadi universitas lima besar di seluruh Indonesia, terutama dalam hal menghasilkan jurnal ilmiah berstandar internasional,” imbuhnya.

Samsul mengatakan bahwa mulai tahun 2014, Unsyiah sudah menaikkan alokasi biaya penelitian dan pengabdian, agar dapat dipergunakan untuk menghasilkan lebih banyak lagi jurnal ilmiah. “Selain itu Unsyiah transparan dalam pengelolaan keuangannya dan hal ini akan menjadi tugas purek bidang administrasi dan keuangan,” tambah Samsul.

Rektor juga berpesan kepada Purek Bidang Kemahasiswaan agar lebih memperhatikan mahasiswa yang tidak mampu, supaya kuliah mereka tak terkendala biaya. Kepada Purek IV, dipesankan agar dapat meningkatkan dan memperluas kerja sama Unsyiah dengan seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

Sumber :aceh.tribunnews.com | DF