Sebelum SBMPTN Jangan Lupa Cek Lokasi Ujian

AKARTA – Pelaksanaan ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tinggal satu minggu lagi. Dalam kurun waktu tujuh hari, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh sekira 665 ribu peserta.ujian-sbmptn-1

Selain belajar dan berlatih soal-soal dalam SBMPTN, ada sejumlah hal lain yang perlu disiapkan oleh para peserta untuk menghadapi seleksi tersebut. Berikut tips yang diberikan oleh Pengelola Bimbingan Belajar (Bimbel) Lavender Galih Pandekar, Selasa (10/6/2014).

Periksa lokasi ujian pada H-1
Sesuai keterangan dari panitia SBMPTN 2014, para peserta baru dapat mengetahui lokasi ujian SBMPTN pada 16 Juni 2014 atau satu hari sebelum pelakasanaan ujian. Setelah mengetahui lokasi ujian, segera lakukan survei ke lokasi tersebut sehingga tidak terjadi salah tempat ketika ujian. Dengan demikian, Anda bisa menghidari kesalahan lokasi dan tidak perlu merasa terburu-buru ketika hari H.

Cek ruangan

Jangan hanya berhenti pada pengecekan lokasi saja. Bila perlu, lanjutnya dengan pengecekan ruang ujian. Tidak perlu masuk ruangan jika tidak memungkinkan. Cukup menengok dari jendela dan melihat nomor ujian yang biasanya sudah terpasang.

Cek transportasi
Para peserta juga harus mengantisipasi jenis transportasi yang harus digunakan untuk menuju lokasi. Kalkulasi jarak rumah dengan lokasi serta kemacetan yang mungkin terjadi. Antisipasi jalur alternatif jika ternyata kondisi di jalan tersebut tidak memungkinkan untuk dilalui. Jika naik angkutan umum, carilah rute tepat dan tercepat untuk sampai ke tujuan.

Sumber: okezone.com | Ilustrasi Google [rm]