Segudang Prestasi Bikin Unpad Banyak Dilirik

SUMEDANG – Jika setiap kampus mempunyai segudang prestasi, pasti akan mudah menarik mahasiswa baru (maba) untuk mengemban ilmu di kampusnya. Entah itu kampus negeri, maupun swasta.

Seperti Universitas Padjadjaran (Unpad), kampus yang lingkungannya sejuk ini dibanjiri oleh para calon mahasiswa baru. Maka tak heran jika Unpad menjadi kampus yang paling banyak peminatnya berkat prestasi-prestasi yang mereka raih.

Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Ganjar Kurnia menyebutkan prestasi yang telah diraih kampus yang terletak di Bandung itu. Sebut saja mulai dari prestasi lembaga yang terakreditasi A (sangat baik) berdasarkan SK BAN PT, prestasi dosen, dan prestasi mahasiswa.

“Salah satunya yaitu prestasi perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI),” ujar Ganjar, di Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Kamis (26/6/2014).

Buah dari berbagai penelitian yang dilakukan mahasiswa Unpad telah menghasilkan berbagai HaKI. Sampai dengan Agustus 2012, secara keseluruhan Unpad telah memperoleh HaKI sebanyak 155 buah untuk hak cipta, 37 buah hak paten, delapan buah merk, serta dua buah varietas tanaman.

Pada 2012, jumlah HaKI dalam bentuk Hak Cipta mencapai 52 buah, jauh lebih banyak daripada pencapaian pada 2011 yang mencapai 21 buah. Sementara untuk menunjang kegiatan ilmiah, dosen Unpad telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan sarana prasarana penelitian, memberikan insentif untuk publikasi di jurnal internasional, partisipasi dalam seminar internasional, pendaftaran HaKI, dan penulisan buku ajar berdasarkan hasil riset yang dilakukan.

Sedangkan untuk dana penelitian, pada 2011, dialokasikan dan diperoleh dana penelitian kompetitif sebesar Rp6,1 miliar. Pada 2012 jumlah tersebut meningkat menjadi Rp10,2 miliar. Melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) pada 2012, Unpad mengalokasikan tambahan dana penelitian sebesar Rp13 miliar.

Sumber : Okezone.com