Stan Papua di Penas KTNA “Diserbu” pengunjung

Pengunjung memadati stan milik Provinsi Papua, Minggu (7/5). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Stan Provinsi Papua, pada perhelatan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA ke XV) di Aceh menjadi daya tarik bagi pengunjung Penas. Stand yang terletak di Hall B1 itu ramai dikunjungi warga.

Bukan hanya hasil tani, stand itu juga pamerkan budaya Provinsi Papua. Sehingga masyarakat yang mengunjungi stan itu berbondong-bondong untuk berfoto bersama penjaga stan yang dibalut dengan aksesoris berupa topi adat yang khas asal Provinsi paling Timur Indonesia tersebut.

Pengamatan kanalaceh.com dilokasi, pengunjung rela mengantri untuk bisa berfoto bersama dengan aksesoris adat asal Papua. Selain itu, menurut Penanggung jawab stand Provinsi Papua, Maksi mengatakan, yang paling banyak dicari pengunjung ialah hasil tani asal papua seperti Buah Merah dan kuliner asal Papua Papeda.
Buah Merah asal Papau. (Kanal Aceh/Randi)
“Paling banyak dikunjungi itu dari segi keindahan, terus Buah Merah, Papeda dan aksesoris dari Papua lainnya,” katanya saat dikunjungi di stan, Minggu (7/5) malam.

Meskipun antusias warga begitu besar untuk meminta berfoto bersama, ia dan rekannya tetap menerima dan tidak pernah untuk menolak. Ia juga mengapresiasi keramahan masyarakat Aceh. “Masyarakat Aceh itu sangat ramah,” ujarnya.

Sementara, salah satu pengunjung, Ahmad mengatakan, ia mengunjungi stan asal Papua itu karena unik. Kemudian, ingin mengenal budayanya lebih dekat. Sebab, kata dia, selama ini sangat jarang event seperti ini berlangsung di Aceh. “Jarang-jarang kita bisa melihat secara langsung. Makanya saya mengunjungi tempat ini,” pungkasnya. [Randi]

Sumber: (https://www.kanalaceh.com/2017/05/08/stan-papua-di-penas-ktna-diserbu-pengunjung/)