UI Cari 1.352 Calon Mahasiswa via SBMPTN

Jaringanpelajaraceh – Jakarta, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 diikuti 64 kampus negeri seluruh Indonesia. Salah satunya, Universitas Indonesia (UI). mahasiswa ui

Kepala Kantor Komunikasi UI, Dra. Farida Haryoko, M. Psi menyebut, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SBMPTN mengambil porsi sekira 75 persen total kuota mahasiswa baru (maba) di Kampus Jaket Kuning itu. Seleksi terakhir yang akan diselenggarakan adalah Seleksi Masuk (Simak) UI.

“Kami memberikan kuota 1.352 kursi dalam SBMPTN. Kuota paling banyak di kelompok Saintek ada di program studi Pendidikan Dokter yakni 54 kursi dan Ilmu Hukum di kelompok Soshum dengan 75 kursi,” ujar Farida, Jumat (30/5/2014).

Farida menyebut, Pendidikan Dokter telah menjadi jurusan favorit di UI pada jalur SNMPTN dalam dua hingga tiga tahun terakhir. Sedangkan  di kelompok Soshum, prodi favorit siswa adalah Manajemen.

“Kedokteran sampai saat ini masih terbaik di UI. Sedangkan Manajemen menjadi favorit karena ilmu ini bisa dipakai bekerja di berbagai bidang. Saya kira itu yang menyebabkan peminatnya tinggi,” imbuh Farida.

Menurut Farida, mahasiswa baru UI jalur S-1 Reguler tidak perlu membayar mahal. Mereka hanya perlu membayar Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) sebesar Rp100 ribu hingga maksimal Rp5 juta per semester untuk jurusan IPS atau Rp100 ribu hingga maksimal Rp7,5 juta per semester untuk jurusan IPA, termasuk mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK).

“Jika dibandingkan dengan kampus lain, biaya kuliah di FK UI paling murah,” ucapnya.

Sumber: okezone.com | Ilustrasi Google [rm]