Begini Cara Mahasiswa Muslim Luar Negeri Rayakan Lebaran

Jaringanpelajaraceh.com – Jakarta, Berada jauh dari rumah saat lebaran tidak membuat mahasiswa Indonesia yang tengah menuntut ilmu di luar negeri kehilangan akal untuk meramaikan hari raya. Bersama dengan mahasiswa muslim lainnya, mereka membuat suasana Lebaran menjadi semarak meski jauh dari kampung halaman dan keluarga.lebaran

Hal ini yang membuat Natassha Dini, mahasiswa Australia National University (ANU), Canberra sedikit terobati kerinduannya meski tidak berlebaran bersama keluarga di Indonesia. Meski umat muslim adalah minoritas di Australia, tapi tidak membuat suasana lebaran di sana benar-benar sepi.

“Banyak acara saat Lebaran kok. Selain ada open house, KBRI juga ada event yang digelar mahasiswa muslim ANU,” ujar Tassha.

Dini menyebut, kegiatan akan diadakan misalnya event gabungan mahasiswa2 muslim di ANU. Di acara ini, mahasiswa Indonesia bekerja sama dengan mahasiswa dari Pakistan, Bangladesh, Malaysia, Singapura, juga negara-negara timur tengah seperti Palestina dan Afghanistan untuk membuat eid festival.

“Ada tarian, nyanyian, juga pameran makanan idul fitri dari berbagai negara. Biasanya kalau dari Indonesia menampilkan Tari Saman,” bebernya.

Tassha bersama mahasiswa Indonesia lainnya yang tergabung dalam komunitas mahasiswa Indonesia-Australia juga akan mengadakan halal bi halal terkait hari raya ini. “Tapi mungkin bukan saat hari lebaran, mungkin pada saat Agustus,” tutup Tassha.[]

Sumber: Okezone.com | Ilustrasi Google [rm]