Gagal Masuk Kampus, Einstein Jadi Ilmuwan

unduhan

Jaringanpelajaraceh.com | JAKARTA – Semua yang mempelajari ilmu fisika pasti mengenal nama Albert Einstein. Teori relativitasnya yang diwakili dengan rumus E = mc² masih relevan dipakai hingga kini. 

Sosok unik dan nyentrik ini menjadi inspirasi banyak orang. Siapa sangka, inspirasi Einstein untuk mendalami sains justru didapatnya ketika terbaring sakit. 

Berikut ini fakta mengejutkan tentang Albert Einstein, seperti dirangkumKampus Okezone, Sabtu (7/6/2014). 

Jenius sejak kecil

Banyak rumor beredar bahwa Einstein kecil adalah pelajar yang buruk. Faktanya, Einstein tidak gagal dalam pelajarannya, termasuk matematika. 

Sebelum usia 11 tahun, Einstein sudah mendalami ilmu fisika untuk kelas mahasiswa. Dia juga pemain biola yang hebat dan mendapatkan nilai tinggi di pelajaran bahasa Latin dan Yunani. Sebelum usia 15 tahun, Einstein sudah menguasai ilmu kalkulus. 

Bahkan ketika masih sangat muda, Einstein menunjukkan kemampuan luar biasa dalam matematika dan sains. Dia lahir sebagai anak yang memiliki rasa ingin tahu tinggi dan kemampuan berpikir analitis yang brilian. 

Terinspirasi kompas

Ketika berusia lima tahun, Einstein jatuh sakit dan harus terbaring di tempat tidur. Kebosanan Einstein sirna ketika sang ayah menunjukkannya sebuah kompas. Alat penunjuk arah inilah yang menjadi inspirasinya mendalami sains. 

Gagal di ujian masuk kuliah

Pada 1895, Einstein yang berusaia 17 tahun melamar ujian masuk di Swiss Federal Polytechnical School (Eidgenössische Technische Hochschule atau ETH). Dia lulus ujian matematika dan sains tetapi gagal di bidang ujian lainnya seperti sejarah, bahasa, dan geografi. Einstein harus belajar di sekolah bisnis sebelum mengambil ujian ulang dan diterima sebagai mahasiswa ETH setahun kemudian. 

Setelah lulus, Einstein bekerja di kantor paten. Tugasnya adalah mengevaluasi paten untuk peralatan elektromagnetik.

Sumber :okezone.com | DF