Wow… KKN Di Jepang dan Malaysia ?

Jaringanpelajaraceh – JAKARTA, Biasanya, lokasi kuliah kerja nyata (KKN) dipilih di berbagai desa sekitar kampus. Tetapi, gelombang internasionalisasi membuat kampus mempertimbangkan untuk memperluas jangkauan lokasi KKN untuk mahasiswa mereka. kkn

Misalnya yang dilakukan Universitas Hasanuddin (Unhas). Selama tiga tahun terakhir, kampus di Makassar ini mengirimkan mahasiswa untuk menjalani KKN di luar negeri. Tahun ini, mereka memilih Jepang dan Malaysia sebagai lokasi KKN. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) KKN Dr.Hasrullah, M.A. menjelaskan, 18 mahasiswa Unhas akan menjalani KKN di Jepang dan berangkat 18 Agustus mendatang. Sedangkan 49 mahasiswa lainnya terbang ke Malaysia pada 11 Agustus untuk mengikuti KKN. 

“Mereka akan berada di lokasi KKN selama satu bulan,” kata Hasrullah, seperti dinukil dari laman Unhas, Jumat (8/8/2014). 

Ketika melepas para peserta KKN, Rektor Unhas Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu, mengingatkan para mahasiswa untuk menjaga nama baik almamater dan Tanah Air. Dia juga berharap, anak-anak didiknya ini dapat memanfaatkan kesempatan KKN mereka untuk membuka dan menjalin hubungan dengan komunitas di negara lain. 

“Kita ke depan harus melihat peluang kerja sama masa depan, dan ini memerlukan adanya mitra global,” tutur Dwia. 

Selain ke luar negeri, Unhas juga mengirim lima mahasiswanya untuk mengikuti KKN Kebangsaan II di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat. Program ini diikuti mahasiswa dari 34 perguruan tinggi dan dimulai dengan masa pembekalan pada 7-9 Agustus 2014. Masa pembekalan ini akan diisi berbagai materi yang disampaikan oleh Mendikbud, Menpora, Kapolda Kalbar, Gubernur Kalbar, Dirjen Dikti, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dan Lanud Supadio, dan sejumlah pejabat lainnya.[]

Sumber: Okezone.com | Ilustrasi Google [rm]