Pemkab Bireuen Kembali Buka Kran Pendaftaran Beasiswa

 


Kepala Bagian Sosial dan Kemasyarakatan Setdakab Bireuen, Rahmat Adha.

BIREUEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen kembali membuka pendaftaran, penyaluran beasiswa mahasiswa dan para santri dari keluarga miskin.
Kepala Bagian Sosial dan Kemasyarakatan Setdakab Bireuen, Rahmat Adha kepada GoAceh, Kamis (4/5/2017) kemarin menjelaskan, untuk tahun 2017, Pemkab Bireuen mengalokasikan dana sebesar Rp 1 miliar beasiswa melalui Anggaran dan Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Bireuen.

“Untuk persyaratan guna mendapatkan dan bantuan beasiswa itu, bisa dilihat di Bagian Sosial dan Kemasyarakatan, kantor pusat pemerintahan, di Cot Gapu. Sedangkan proses penerimaan berkas mulai dilakukan 5 sampai 15 Mei mendatang,” katanya.

Ketentuan persyaratan yang harus dilengkapi saat mendaftar berupa Surat Keterangan Tanda Miskin (SKTM), Kartu Tanda Penduduk (KTP) orangtua atau wali, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan transkrip nilai.

Selain itu, tambah Rahmat, adalah rekening listrik, bukti pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), surat aktif kuliah, rekening tabungan, dan surat keterangan mampu membaca Alquran.

Kriteria lain, penerima beasiswa merupakan penduduk asli Kabupaten Bireuen, indek prestasi minamal 3.00, belum pernah menikah dan bekerja, orangtua calon penerima bukan dari kalangan PNS, TNI maupun Polri.

“Beasiswa ini disalurkan bagi mahasiswa yang memenuhi syarat, setelah dilakukan verifikasi oleh tim, mulai 17 hingga 24 Mei 2017. Selanjutnya bagi yang lulus verifikasi, kembali mengikuti tes bebas narkoba,” ujarnya.

Usai diverifikasi berkas, seluruh data mahasiswa calon penerima beasiswa diserahkan ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) untuk pencairan.

“Penyaluran beasiswa bagi keluarga miskin akan dilaksanakan saat buka puasa bersama, Ramadan tahun ini,” katanya.
(Sumber: https://www.goaceh.co/berita/baca/2017/05/05/pemkab-bireuen-kembali-buka-kran-pendaftaran-beasiswa#sthash.UGM6rEJu.sPuoSkdm.dpuf)