Makanan Terang dan Bervarian Bisa Menggugah Selera Makan Anak

jaringanpelajaraceh – Menghadapi anak yang tengah berada dalam fase susah makan, memang membutuhkan kesabaran ekstra para ibu. Sebab, semakin dipaksakan, anak justru akan semakin menolak. Maka dari itu, dibutuhkan trik cerdas untuk mengajak si kecil agar doyan makan.

Menurut sebuah penelitian yang dihelat oleh di Cornell University, New York, Amerika Serikat, warna makanan yang terang dan bervarian bisa menggugah selera. “Banyak orangtua yang menyajikan makanan untuk anak sama dengan makanan mereka sendiri. Padahal ini cara yang salah,” ujar Brian Wansink, Ketua Penelitian.

Melibatkan 23 anak dan 46 orangtua sebagai responden, penelitian ini memperlihatkan 48 foto makanan dengan ragam warna dan bentuk. Hasilnya, anak-anak lebih memilih makanan warna-warni dan disajikan dalam bentuk yang lucu serta menarik perhatian. Sementara itu, para orangtua memilih makanan yang tipikal dan kurang menarik.

Penelitian menyimpulkan bahwa anak menyukai makanan dengan enam warna, sedangkan orangtua hanya tiga warna. Kemudian, menu daging yang ditempatkan pada bagian depan piring, ditemukan dapat meningkatkan nafsu makan anak. Terlebih jika menu makanan ditata dengan penyajian yang kreatif secara visual.

“Selain warna, anak-anak juga suka dengan sajian yang didesain menyerupai senyuman dan hati,” ujarnya.

Seluruh hasil penelitian ini dipublikasikan secara mendetil pada Acta Pediatrica.
Nah, selain warna dan bentuk makanan, Anda juga bisa merangsang nafsu makan anak dengan rutin mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan anak yang mengandung vitamin A, D, dan E. Ketiga vitamin tersebut dapat diserap dengan sempurna oleh tubuh. Kemudian, pastikan juga suplemen pilihan Anda tidak mengandung bahwa pewarna buatan dan bebas alkohol yang sangat aman untuk dikonsumsi si kecil