Gudang buku Aceh di www.acehbooks.org

Share Info dari www.mitailme.com

Gudang buku Aceh di www.acehbooks.org

Aceh adalah salah satu bangsa yang memiliki perjalanan sejarah yang panjang. Bangsa Aceh dapat berbangga di dengan sejarahnya karena Kerajaan Aceh yang mampu menguasai Semenanjung Malaya dan Sumatera bahkan pengaruhnya sampai ke tanah Jawa.

Ketika penjajah mampu menancapkan kukunya di nusantara selama tiga setengah abad, tetapi di Aceh mereka membutuhkan waktu selama 50 tahun untuk dapat benar-benar menguasai beberapa kota strategis di Aceh, dan pemerintah kerajaan Belanda sendiri mencatat bahwa kerugian terbesar yang mereka alami selama melakukan invansi penjajahan ke nusantara adalah saat menghadapi orang-orang Aceh.

Banyak cerita dan kisah heroik para pejuang yang saat ini mulai terlupakan oleh anak cucu kita, hal ini seharusnya tidak terjadi di era kebangkitan teknologi. karena saat ini telah tersedia ratusan bahkan ribuan ebook  yang bercerita tentang Aceh yang dapat kita dapatkan secara gratis.

Pasca musibah gempa dan tsunami banyak peninggalan sejarah ataupun buku-buku yang bercerita tentang Aceh hilang hal ini menjadi perhatian pemerintah saat itu. Kerajaan Belanda yang saat itu juga ikut terlibat dalam proses rehabilitasi dan rekontruksi Aceh menawarkan bantuan kepada Aceh yang disambut oleh pemerintah Aceh dengan permintaan untuk melakukan digitalisasi seluruh dokumen dan peninggalan sejarah Aceh yang ada di Belanda dan seluruh dunia. Kerajaan Belanda menyanggupi permintaan pemerintah Aceh tersebut hingga lahirlah sebuah website yang bernama www.acehbooks.org dibawah binaan Universitas Leiden Belanda yang di dalam website tersebut menyediakan seluruh Ebook yang bercerita tentang Aceh.

Silakan kawan-kawan membaca sepuasnya tentang sejarah Aceh dan bahkan bisa mendownload buku tersebut secara gratis yang mana hak paten yang telah dibayar oleh pemerintah Belanda Mari sama-sama ikut menjaga dan melestarikan sejarah dan kebudayaan Aceh Kalau bukan kita siapa lagi