Pikir dua kali sebelum mengkonsumsi buah buahan ini secara berlebihan…

image

VIVAlife – Makanan yang selama ini kita anggap baik untuk dikonsumsi ternyata bisa menjadi bumerang bagi kesehatan. Sayur, buah dan kacang-kacangan misalnya, tiga jenis makanan ini banyak dikonsumsi oleh vegetarian dan mereka yang sadar akan kesehatan.

Namun faktanya tidak semua jenis bahan yang berasal dari alam itu menyehatkan. Adanya kandungan kimia di dalamnya, seharusnya membuat kita dapat berhati-hati dalam mengelolanya.

Berikut ini adalah 3 makanan sehat yang dapat menjadi bumerang kesehatan, jika tidak dikelola dengan tepat, seperti dilansir Medical Daily:

Kacang

Selama ini kacang dianggap sebagai makanan yang menyehatkan. Bagi para vegetarian kacang merupakan sumber protein, karbohidrat, folat dan zat besi. Tapi, semua keluarga kacang mengandung protein lektin yang patut diswadai.

Lektin tidak mudah hancur oleh asam lambung dan enzim pencernaan. Oleh karena itu sebaiknya kita jangan berlebihan untuk mengkonsumsi kacang. Jika dikonsumsi terlalu banyak, kacang bisa menyebabkan rasa mual, diikuti muntah, sakit perut, dan diare dalam waktu 3 hari.

Kacang almond

Ingin jantung sehat, konsumsilah segenggam kacang almond. Tapi pilihlah kacang almond dengan jenis yang baik, bukan yang memiliki rasa pahit. Rasa ini akan terasa jika Anda mengkonsumsi kacang almond mentah. Kacang almond mentah mengandung sianida yang dapat membahayakan kesehatan. Kasus keracunan kacang almond pernah terjadi pada wanita usia 67 tahun. Ia mengkonsumsi 12 kacang almond mentah, dan ia hampir tewas dibuatnya karena sakit perut yang parah.

Apel, Ceri, Persik, dan Plum

Buah-buahan ini memang tampak menyehatkan, tapi bisa menjadi racun mematikan jika Anda mengkonsumsinya asal-asalan. Lubang biji pada apel, ceri persik dan plum mengandung sianida, yang harus diwaspadai. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengupas dan memotong buah-buahan tersebut dengan hati-hati.