42 Sekolah Ikuti LPI Banda Aceh

JaringanPelajarAceh.com | Banda Aceh – Sebanyak 42 tim yang terdiri atas 19 SMP sederajat dan 23 SMA sederajat telah mendaftar guna mengikuti Liga Pendidikan Indonesia (LPI) tingkat Banda Aceh tahun 2014. Jumlah ini berdasarkan data sekolah yang mendaftar hingga penutupan pada 10 September. Kompetisi tingkat pelajar yang memperebutkan Piala Wali Kota Banda Aceh itu dijadwalkan bergulir sejak 17 September.

Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Banda Aceh, HM Hasbi kepada Serambi, kemarin, mengatakan, 19 SMP sederajat yang terdaftar terdiri dari SMPN 2, SMPN 16, SMPN 3, SMPN 7, SMPN 1, MTs Ulumul Quran, SMPN 14, dan SMPN 8. Kemudian ada SMPN 17, SMPN 6, MTsN Rukoh, SMP Islam, MTsN 2, SMPN 13, SMPN 10, MTs Babun Najah, MTs Meuraxa, SMPN 19, dan SMPN 4. “19 tim SMP sederajat ini akan memperebutkan satu tiket ke tingkat provinsi,” ujarnya.

Sedangkan 23 tim SMA sederajat, kata Hasbi, diikuti SMAN 3, SMAN 5, SMAN 6, SMAN 8, SMAN 9, SMK Kesehatan Asyifa School, SMAN 11, SMAN 16, SMAN 4, MAS Darul Ulum, dan SMAN 2. Selanjutya MAN Rukoh, SMAN 7, MAN 2, SMAN 13, SMKN 2, SMAN 4, SMK 5, SMK 1, SMTI, MAS Babun Najah, SMA Lab School Unsyiah, dan SMAN Fajar Harapan. Hingga pendaftaran ditutup 10 September, tercatat ada 42 tim dari SMP dan SMA sederajat yang ikut LPI ini. “Ternyata respon dari pihak sekolah cukup bagus untuk bisa bermain dalam pertandingan ini,” ujarnya.

Dikatakan Hasbi, screening test pemain akan dilaksanakan selama dua hari mulai 12-13 September di GOR Disdikpora Banda Aceh di Pango Raya. Sedangkan pelaksanaan pertandingan semula dijadwalkan digelar di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh. “Tapi karena pada 20 September stadion dipakai untuk pertandingan antara Atjeh All Star melawan Legenda Brasil, maka akan dibahas lagi untuk menentukan tempat pelaksanaan pertandingan,” ucap dia. “Kita berharap semua tim yang sudah mendaftar supaya dapat mengikuti screening test,” harapnya.

LPI ini, kata Hasbi, total menyediakan hadiah masing-masing untuk SMP/MTs dan SMA/MA senilai Rp 9 juta. Rinciannya juara I Rp 3 juta, juara II Rp 2,5 juta, juara III Rp 2 juta, dan juara IV Rp 1 juta. Sedangkan topskor dan pemain terbaik masing-masing Rp 500 ribu. Pertandingan LPI ini bagian dari pembinaan sepakbola untuk siswa sekolah, dan seleksi tim yang mewakili Banda Aceh ke tingkat provinsi. “Melalui LPI ini diharapkan pelajar bisa juga berprestasi di sepakbola,” ujarnya.

//Serambinews.com