Ini Pemenang Lomba Karya Tulis Hardikda 2014

JaringanPelajarAceh.com | Banda Aceh – Pemenang lomba karya tulis artikel dan feature dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Daerah (HARDIKDA) Aceh ke 55 tahun 2014, Jum’at, (12/9) resmi diumumkan.

Ketua panitia lomba karya tulis, Mukhtaruddin Yakob, mengatakan, lomba karya tulis tersebut telah di buka sejak 3 hingga 20 Agustus lalu, dan sebanyak 121 naskah masuk ke meja panitia.

“Perlu kita apresiasi antusias peserta untuk mengikuti lomba karya tulis ini. Sebab, pesertanya tidak hanya dari Provinsi Aceh saja, melainkan juga ada dari luar Aceh, seperti Jakarta dan Manado,” ujar Mukhtaruddin Yakob.

Dikatakan dia, dari seratusan naskah yang masuk ke meja panitia. Telah dilakukan penilaian oleh dewan juri kategori umum dan wartawan (feature), masing-masing sampai terbaik empat.

“Untuk naskah kategori wartawan, ada sekitar 16 naskah yang masuk nominasi untuk dilakukan seleksi. Lalu, setelah dilakukan penilaian tinggal empat peserta yang mempunyai nilai terbaik,” katanya.

Hasil juara lomba karya tulis artikel dan feature HARDIKDA Aceh, dibacakan Ketua Dewan Juri, Drs. Bustamam Ali, M.Pd. Disebutkan, peserta dari kategori umum yang meraih juara yaitu, juara I diraih Dr. Fauzi Saleh dengan meraup nilai 79,14, judul naskah Beut Bak Meunasah Model Pendidikan Aceh.

Juara ke II diraih T. Kamal Fasya (77,57), judul naskah Bukan Polittisasi Pendidikan Aceh, di tempat ke III, DR. Jarjani Usman (75,85), judul naskah Pentingnya Gardan Ganda Pendidikan dan juara IV jatuh ke tangan Rahmad Saputra (75,14) judul naskah Pendidikan Aceh Tanggung Jawab Semua Pihak, sebutnya.

Selanjutnya, untuk kategori wartawan (feature). Juara I diraih Fachruradzie M. Gade (82,71). Dia merupakan wartawan dari acehkita.co, dengan judul naskah Potret Buram Pendidikan Anak Pulo.

Juara II, Suryadi (81,14). Suaryadi merupakan wartawan Koran Bireun, dengan judul naskah Pondasi Pendidikan dari Mantan kombatan GAM. Juara ke III diperoleh Ansyari Hasim (81). Dia merupakan jurnalis dari Serambinews.com, dengan mengusung tema Berbasis Dunia Maya Mengantar Mahasiswa Meraih Toga, dan juara ke IV diraih Muhammad Sanusi (75) dari RRI Lhokseumawe dengan judul naskah Prestasi Sekolah Siswa Pinggiran, rincinya.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, menyambut baik dan mengapresiasi para peserta yang telah berkontribusi terhadap lomba tersebut. Ia pun merespon atas usulan ketua dewan juri yang meminta agar naskah tersebut dapat dibukukan.

“Kita sangat mengapresiasi peserta yang telah berkontribusi pada lomba karya tulis artikel dan feature HARDIKDA Aceh ini. Sehingga, arah pendidikan Aceh akan semakin baik dimasa mendatang. Saya sangat setuju untuk dibukukan naskah peserta lomba,” katanya.

Disisi lain ia menyampaikan, pada pertengahan September ini pihaknya akan menggelar resepsi pendidikan sekaligus pembagian hadiah dan Rapat Kerja Pendidikan yang dijadwalkan di Hermes Palace Hotel, Kota Banda Aceh.

“Dalam hal ini, kita mengundang para Bupati/Walikota, anggota DPRK terpilih Ketua Bappeda, Ketua MPD, Kepala Dinas Pendidikan, dari 23 Kabupaten dan Kota Se Aceh, guna membicarakan tentang pendidikan Aceh,” tuturnya.

//AJNN.net