China Sediakan Beasiswa Pelajar Indonesia

Jaringanpelajaraceh.com –  Indonesia harus belajar banyak dari China yang mengalami kemajuan pesat di bidang industri. Kemajuan tersebut dikatakan Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud Ahmad Jazidie tak lepas dari keberhasilan China menyiapkan sumber daya manusia (SDM) melalui lembaga pendidikan.

“Kita harus akui bahwa China begitu cermat mempersiapkan SDM yang siap kerja di bidang industri,” kata Jazidie usai melepas 120 pelajar penerima beasiswa dari pemerintah China untuk belajar di perguruan tinggi di China.

Menurut Jazidie, China memang memiliki keunggulan SDM di beberapa bidang seperti industri otomotif, industri elektronik dan kereta api. Dan itu yang harus dipelajari Indonesia agar ke depan menjadi negara besar di kawasan Asia.
Pemerintah China sendiri menjanjikan beasiswa 100 ribu paket bagi pelajar asal Indonesia. Beasiswa tersebut terdiri atas biaya pendidikan, biaya hidup dan asrama.

“Sedang tiket pesawat pergi pulang ditanggung pemerintah Indonesia,” jelas Gatot Hari P, Direktur SEAMEO SEAMOLEC.

Untuk tahap pertama, pemerintah akan mengirimkan 120 pelajar dari sekolah kejuruan untuk belajar di China baik jenjang D3 maupun S1. Sedang sisanya akan dilakukan pada tahap selanjutnya.

Gatot mengatakan bahwa semua sekolah kejuruan berkesempatan mengajukan siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi beasiswa tersebut.

Beberapa universitas China yang membuka kesempatan beasiswa bagi pelajar Indonesia tersebut antara lain Nanjing Institite of Railwaay Technology (NIRT), Jiangsu Agri-Arimal Husbandry Vocational College, Wuxi Institute of Technologi, GUilin Normal College dan sebagainya.

Sumber: Poskotanews.com