Empat Siswa Aceh Jadi Anggota Paskibraka Nasional

JaringanPelajarAceh – Empat siswa Aceh terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-69 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2014 di Istana Negara, Jakarta. Mereka lulus dalam seleksi yang dilaksanakan 5-1 Mei di SMKN 3 Banda Aceh dan Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh.

ilih-menjadi-anggota-pasu

Ketua Panitia, Teuku Bustamam kepada Serambi, kemarin mengatakan, seleksi dan pelatihan itu ditutup Plt Kadispora Aceh, Asnawi, di Hotel Jeumpa Mannheim, Lhong Raya, Minggu (11/5) malam. Seleksi diikuti 40 siswa dari 20 kabupaten/kota, kecuali Aceh Timur, Gayo Lues dan Simeulue.

Setelah diseleksi, terpilih empat siswa masing-masing dua putar dan dua putri. Mereka adalah Muhammad Aidil (SMAN 1 Langsa), Iza Annura (SMKN 3 Banda Aceh), Dwi Yuliansyah P (SMAN 4 Takengon), dan Tasya Amanda (SMAN 1 Langsa). Sedangkan dua siswa lulus cadangan yaitu TM Alfis Syahrin (SMAN 4 Wira Bangsa), dan Masvitia (SMAN 1 Sabang).

Lulus cadangan ini untuk menggantikan bila ada yang lulus utama berhalangan. “Direncanakan peserta dari Aceh berangkat ke Jakarta pada 20 Juli. Ini merupakan tahun pertama tiap provinsi diminta mengirim empat orang utusan untuk ikut Paskibraka tingkat nasional,” ujar Bustamam.

Tiap kabupaten/kota, kata Bustamam, mengirim satu putra dan satu putri siswa kelas I dan kelas II. Peserta diseleksi oleh instruktur dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Aceh dengan Koordinator Pelatih, Alta Zaini yang merupakan PPI Aceh Tahun 1981.

Plt Kadispora Aceh, Asnawi mengatakan, sebagai duta Aceh diharapkan menjaga tingkah laku selama di Jakarta nanti. Ia juga meminta keempat siswa itu untuk terus berlatih. “Dari sekian banyak putra-putri bangsa ini, hanya beberapa orang yang dipercaya sebagai Paskibraka. Jadi manfaatkan kesempatan ini dengan baik,” ujar Asnawi dalam penutupan yang dihadiri Pembina Paskibraka Pusat dari Kemenegpora RI, Wiroto, dan Sudarmo.

Sumber : Serambinews.com [ZN]