Gubernur Sulawesi Utara meminta pejabat yang berasal dari guru untuk kembali mengajar. Bagaimana dengan Aceh?

Jaringanpelajaraceh.com – Gubernur Sulawesi Utara Nur Alam meminta kepada seluruh pejabat Dinas Pendidikan yang berasal dari guru agar kembali mengajar. hal ini sebagaimana yang diberitakan oleh harian Republika Online. Dalam sambutannya Gubernur Sulawesi Utara saat membuka acara rapat koordinasi Kepala Sekolah SMA dan SMK se Sulawesi Utara meminta kepada seluruh pejabat di Dinas Pendidikan Sulawesi Utara yang berasal dari guru untuk kembali mengajar sesuai dengan mata pelajaran yang diasuh.

Ia mengatakan, penempatan kepala sekolah atau guru di birokrasi pemerintahan tidak semestinya dilaksanakan dan tidak sesuai. “Sebab ilmu pendidikan dan ilmu birokrasi jauh berbeda. Ilmu guru itu lurus-lurus saja, sedangkan birokrasi tidak,” katanya.

Alasan lain kenapa harus dikembalikan mengajar, Nur Alam mengatakan, karena daerah itu masih kekurangan guru.  Terbutkti dengan ada beberapa sekolah hanya memiliki satu atau dua guru pegawai negeri dan selebihnya hanya honorer.

Lalu bagaimana dengan Aceh, saat ini persebaran guru di Aceh belum merata dan disaat kewenangan pengelolaan sekolah SMA dan SMK berada dibawah provinsi banyak guru-guru yang mengajukan pindah ke dinas pendidikan Aceh untuk menjadi tenaga administrasi.

Apakah Gubernur Aceh akan mengikuti jejak Gubernur Sulawesi Utara dalam penataan kepegawaian di Dinas pendidikan Aceh.

Link berita bersangkutan :http://republika.co.id/share/op0vcp384