Ini Kata Anas M. Adam, Aceh Terbanyak Tidak Lulus UN 2014

Anas M. Adam

Jaringanpelajaraceh.com | Banda Aceh – PROVINSI Aceh menempati peringkat pertama dengan angka ketidaklulusan terbanyak di Ujian Nasional (UN) 2014. Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Anas M. Adam, justru menilai perolehan hasil tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

Anas mengatakan saat ini tingkat kelulusan di Provinsi Aceh sudah mulai membaik, meskipun status angka ketidaklulusan siswa masih berada di nomor buncit dari 34 provinsi di Indonesia.

“Kami belum tahu. Untuk itulah kami masih melakukan analisis ulang terhadap soal-soal ataupun materi apa yang sukar dicerna oleh para siswa nantinya,” katanya.

Saat ditanya mengapa jumlah ketidaklulusan siswa UN SMA sederajat tahun 2014 di Aceh tetap tinggi? Anas mengelak. Dia berdalih tahun lalu nilai peserta UN SMA sederajat di Aceh berada di atas nilai rata-rata nasional.

“Walaupun setahun lalu jumlah tingkat siswa yang tidak lulus berada di tingkat paling atas, namun jumlah nilai yang didapat oleh masing-masing siswa ini berada di atas rata-rata tingkat nasional, seperti nilai 9 untuk IPA dan 13 untuk IPS,” ujarnya.

Namun untuk tahun ini, kata Anas, dia belum mengetahuinya. ”Saya belum mengetahui kabupaten mana yang ditetapkan sebagai kabupaten yang mendapat nilai yang kurang bagus,” ujar dia.[]

sumber : atjehpost.com | DF