Jelang PPDB Tahun 2024, SMAN 10 Fajar Harapan Sosialisasikan ke Semua Daerah

BANDA ACEH – Memasuki tahun pelajaran 2024/2025, SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh mensosialisasikan penerimaan peserta didik baru (PPDB) ke semua sekolah jenjang SMP dan MTs di 23 kabupaten/kota se-Aceh.

Kepala SMA Negeri 10 Fajar Harapan, Dr Anwar Amin MEd kepada media ini, Jum’at (15/12/2023) mengatakan, penerimaan siswa baru di sekolah yang dipimpinnya ada dua jalur.

“Jalur pertama melalui tes yang dilaksanakan di SMA Negeri 10 Fajar Harapan dengan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan. Jalur kedua melalui prestasi akademik,” sebut Anwar.

Dijelaskannya, untuk jalur prestasi ini, pihak sekolah mensosialisasikan ke beberapa kabupaten yakni, Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Singkil dan Aceh Selatan.

Kata Anwar, kelima kabupaten ini diperioritaskan untuk dilakukan sosialisasi, agar putra putri di daerah tersebut dapat mengisi formasi di SMA Negeri 10 Fajar Harapan.

“Persaingan masuk ke SMA Negeri 10 Fajar Harapan sangat ketat, karena sekolah ini merupakan salah satu sekolah favorit di Kota Banda Aceh,” ujar Anwar.

Justru itu ungkap Anwar, diberikan kesempatan bagi daerah yang sedikit sekolah unggul untuk diberikan kesempatan melalui jalur prestasi dengan mengacu pada nilai rapor siswa.

Salah seorang guru SMA Negeri 10 Fajar Harapan, Arnita Aidil MPd menyampaikan, beberapa hari lalu ia telah mensosialisasikan ke beberapa sekolah/madrasah di Kabupaten Aceh Selatan.

“SMP Negeri 1 dan 3 Tapaktuan, SMP Ulumul Qur’an Tapaktuan, MTs Negeri 3 Tapaktuan, SMP Insan Madani Meukek dan SMP Negeri 1 Meukek merupakan sekolah/madrasah sasaran yang saya sosialisasikan,” sebut Arnita.

Menurut dia, sekolah/madrasah tersebut diatas banyak memiliki prestasi siswa baik di tingkat kabupaten maupun provinsi, bahkan nasional.

“Semoga dengan adanya tim yang turun langsung ke daerah sasaran, ada siswa dari sekolah/madrasah yang direrima melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 10 Fajar Harapan,” ucap Arnita.(*)